PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK DI SMPN 15 MATARAM YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING

Sahanim, Sahanim (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK DI SMPN 15 MATARAM YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SAHANIM ( E1A013045 ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang mengarahkan peserta didik pada kegiatan yang dapat mengembangkan keterampilan proses di mana peserta didik dibimbing untuk menemukan dan menyelidiki sendiri tentang suatu konsep sehingga pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki peserta didik bukan hasil mengingat seperangkat fakta melainkan hasil temuan mereka sendiri. Model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning) adalah model pembelajaran yang lebih menekankan pada pemecahan masalah atau masalah sebagai titik tolak atau dasar dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang belajar menggunakan model discovery learning dengan yang menggunakan model problem-based learning. Jenis penelitian yang digunakan quasy eksperiment dengan pre test desaign dan post test group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini peserta didik kelas VII SMPN 15 Mataram. Sampel dipilih dengan teknik Cluster Random Sampling dan diperoleh 62 orang peserta didik dari Kelas VIIA dan kelas VIIE yang diajarkan dengan model discovery learning, dan 62 orang peserta didik dari kelas VIIB dan kelas VIIF yang diajarkan dengan model problem-based learning. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes dan non tes. Instrumen tes dalam bentuk pilihan ganda, sedangkan instrument non test menggunakan lembar observasi. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa thitung = 1,76 < ttabel = 1,98, hal ini berarti bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar IPA antara peserta didik yang belajar menggunakan model discovery learning dan model problem-based learning.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): discovery learning, problem-based learning, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Feb 2019 08:10
Last Modified: 21 Feb 2019 08:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12230

Actions (login required)

View Item View Item