MODEL LAYANAN DAN TIPE PEMBIAYAAN DALAM PELAYANAN KESEHATAN LANJUT USIA DI LAYANAN KESEHATAN SEKUNDER WILAYAH KOTA MATARAM

Pradana, Ratu bagus Dika (2018) MODEL LAYANAN DAN TIPE PEMBIAYAAN DALAM PELAYANAN KESEHATAN LANJUT USIA DI LAYANAN KESEHATAN SEKUNDER WILAYAH KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KARYA TULIS ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang : Indonesia merupakan Negara ke-5 dengan populasi lanjut usia terbesar di dunia dengan presentase angka kesakitan lansia 26%. NTB sendiri masih memiliki angka kesakitan lansia diatas angka kesakitan nasional sekitar 29%. Peningkatan jumlah lansia harus sejalan dengan penyediaan layanan kesehatannya, sebab fungsi tubuh akan semakin menurun seiring bertambahnya usia. Hal ini bertujuan agar lansia tetap mampu mandiri, aktif, dan produktif. Metode : Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan informan yaitu kepala pelayanan dan kepala rekam medis RSUD provinsi NTB dan RS Risa Sentra Medika Mataram. Hasil : Jenis pelayanan lansia di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB terdiri atas loket lansia, perawatan rawat inap, dan rawat jalan. Pelayanan lansia di Rumah Sakit Risa Sentra Medika Mataram terdiri dari kunjunga rumah, rawat jalan dan rawat inap. Sumber pembiayaan RSUD Provinsi NTB sebagian besar berasal dari APBD. Pasien pengguna BPJS di RSUP Provinsi NTB sekitar 85%, umum 12%, asuransi swasta 3%; Pasien di RS Risa Sentra Medika Mataram sebagian besar menggunakan asuransi swasta sekitar 95% dan umum 5%. Simpulan : Penelitian ini menunjukkan bahwa di kedua rumah sakit termasuk ke dalam pelayanan geriatri tingkat lengkap. Tipe pembiayaan yang digunakan para lansia di RSUD Provinsi NTB sebagian besar menggunakan BPJS Kesehatan, sedangan di RS Risa Sentra Medika Mataram sebagian besar menggunakan asuransi swasta.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Rumah sakit, lansia, home care , BPJS-Kesehatan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Feb 2019 08:10
Last Modified: 21 Feb 2019 08:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12233

Actions (login required)

View Item View Item