PENGARUH INTENSITAS CAHAYA LAMPU LED TERHADAP LAJU FILTRASI PAKAN DAN PERTUMBUHAN LARVA KERANG MUTIARA (Pinctada maxima)

RUSDI, MALA AJIZA (2018) PENGARUH INTENSITAS CAHAYA LAMPU LED TERHADAP LAJU FILTRASI PAKAN DAN PERTUMBUHAN LARVA KERANG MUTIARA (Pinctada maxima). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MALA AJIZA RUSDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)

Abstract

Kerang mutiara merupakan salah satu jenis komoditas perikanan laut yang memiliki harga jual yang cukup tinggi dan budidaya komoditas ini telah lama dilakukan di Indonesia. Harga rata-rata untuk satu induk kerang mutiara dapat mencapai nilai sekitar Rp. 80.000 per ekor dimana permintaan pasar pada umumnya berkisar pada ukuran tiram di atas 5 cm dengan harga mencapai Rp 2.000,-/cm. Meskipun budidaya kerang mutiara telah berkembang sejak lama, namun beberapa permasalahan pada pembenihan kerang mutiara masih ditemukan di antaranya pertumbuhan yang lambat dan tingkat kelangsungan hidup larva yang rendah. Cahaya diketahui memiliki peranan yang sangat penting dalam mempengaruhi tingkah laku serta laju konsumsi pakan larva kerang mutiara. Intensitas cahaya yang tidak terlalu tinggi dapat menurunkan pertumbuhan larva stadia veliger dan intensitas cahaya yang sesuai untuk kehidupan larva dapat berdampak pada peningkatan aktivitas enzim dalam mencerna protein untuk proses pertumbuhan. Reaksi metabolime enzim kerang mutiara meningkat sehingga dapat tumbuh dengan baik terutama pada kondisi suhu antara 26-29°C. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Agustus hingga September 2018 di Balai Pengembangan Budidaya Pantai, Sekotong Barat, Kabupaten Lombok Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 (empat) perlakuan dan 4 (empat) kali ulangan sehingga diperoleh 16 unit percobaan. Kontrol P1 (tanpa lampu), perlakuan P2 dengan menggunakan lampu pijar 150 lux, perlakuan P3 dengan menggunakan lampu LED 150 lux, perlakuan P4 dengan menggunakan lampu LED 300 lux. Pemberian pakan dilakukan sebanyak satu kali sehari pada pagi hari. Dengan konsentrasi pakan sebanyak 40.000 sel/ml yang diberikan setiap hari pada larva kerang mutiara dengan kepadatan bak 3000 ind/L.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Laju penyerapan pakan, Pinctada maxima.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 22 Feb 2019 01:41
Last Modified: 22 Feb 2019 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12241

Actions (login required)

View Item View Item