TINJAUAN YURIDIS ASURANSI NELAYAN MENURUT PERATURAN MENTERI NOMOR 18/PERMEN-KP/2016 TENTANG JAMINAN PERLINDUNGAN ATAS RISIKO KEPADA NELAYAN, PEMBUDIDAYA IKAN DAN PETAMBAK GARAM

YULIANI, EVANA (2018) TINJAUAN YURIDIS ASURANSI NELAYAN MENURUT PERATURAN MENTERI NOMOR 18/PERMEN-KP/2016 TENTANG JAMINAN PERLINDUNGAN ATAS RISIKO KEPADA NELAYAN, PEMBUDIDAYA IKAN DAN PETAMBAK GARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaturan perjanjian asuransi nelayan, serta mekanisme pengelolaan pembayaran premi asuransi bagi nelayan oleh pemerintah berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18/PERMEN-KP/2016 Tentang Jaminan Perlindungan Atas Risiko Kepada Nelayan, Pembudi Daya Ikan, Dan Petambak Garam. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif yaitu penelitian yang meneliti peraturan perundang-undangan. Hasil penelitian ini menunjukkan: bahwa Polis asuransi diberikan kepada nelayan Kecil dan Nelayan Tradisional yang memenuhi persyaratan. Resiko pertanggungan yaitu a. kematian; b. cacat tetap; dan c. biaya pengobatan. Dalam asuransi nelayan pihak penanggung adalah adalah PT Jasindo (Persero), sedangkan pihak tertanggung adalah nelayan kecil atau nelayan tradisional, dan pola pembayaran premi asuransi nelayan dibedakan dengan Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) dan Asuransi Mandiri dan Terpercaya (SiManTep).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Asuransi, nelayan.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Fakultas Hukum Fakultas Hukum
Date Deposited: 22 Feb 2019 03:43
Last Modified: 22 Feb 2019 03:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12245

Actions (login required)

View Item View Item