KAJIAN YURIDIS PENGELOLAAN DAN PENGUASAAN HUTAN ADAT OLEH MASYARAKAT ADAT DI DESA SUKADANA DAN DESA BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA

SALAM, M. IRSYAD RAFGIDANI (2018) KAJIAN YURIDIS PENGELOLAAN DAN PENGUASAAN HUTAN ADAT OLEH MASYARAKAT ADAT DI DESA SUKADANA DAN DESA BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis Penguasaan dan Pengelolaan Hutan Adat oleh masyarakat Hukum Adat di Desa Bayan dan Desa Sukadana Kabupaten Lombok Utara. Dengan sasaran pokok permasalahan yaitu, bagaimana status penguasaan dan pengelolaan hutan adat di Desa Bayan dan Desa Sukadana. Penelitian ini merupakan penelitian hokum empiris dengan pendekatan perundang-undagan, sejarah, dan sosiologis. Dari hasil penelitian bahwa masyarakat hutan adat memilki legitimasi untuk menguasai dan mengelola hutan adat sesuai dengan Putusan Mahkamah Konstitusi, dan pengelolaan hutan adat di desa bayan dan desa sukadana mengacu pada aturan lokal atau awiq-awiq yang hidup di tengah masyarakat sepanjang tidak bertentangan dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hutan Adat, Masyarakat Adat
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 22 Feb 2019 08:37
Last Modified: 22 Feb 2019 08:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12249

Actions (login required)

View Item View Item