ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO (STRUCTURE OF OBSERVED LEARNING OUTCOMES) PADA MATERI POKOK PERSAMAAN KUADRAT KELAS IX-A SMP NEGERI 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SUSANTI, MARIANA (2018) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO (STRUCTURE OF OBSERVED LEARNING OUTCOMES) PADA MATERI POKOK PERSAMAAN KUADRAT KELAS IX-A SMP NEGERI 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IX-A SMP Negeri 1 Mataram pada materi pokok persamaan kuadrat yang terdiri dari 36 orang siswa. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikelompokkan ke dalam lima level berdasarkan taksonomi SOLO, yaitu prastruktural, unistruktural, multistruktural, relasional, dan extended abstract. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari 4 soal berbentuk uraian yang telah disesuaikan dengan tingkat kesulitan soal berdasarkan taksonomi SOLO. Taksonomi SOLO membagi tingkat kesulitan soal ke dalam empat level, yaitu level unistruktural, multistruktural, relasional, dan extended abstract. Dari penelitian ini, didapatkan hasil bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan tingkatan pada taksonomi SOLO yaitu prastruktural, unistruktural, multistruktural, relasional, dan extended abstract, dengan persentase secara berturut-turut yakni 16,67%, 33,33%, 25%, 13,89%, dan 11,11%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kemampuan pemecahan masalah, taksonomi SOLO.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Feb 2019 07:58
Last Modified: 25 Feb 2019 07:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12289

Actions (login required)

View Item View Item