PERENCANAAN BENDUNG KARET UNTUK PENGENDALI BANJIR DI SUNGAI ANCAR KOTA MATARAM Design of rubber dam for flood control in Ancar River, Mataram City

HARTADI, LALU SYAMSUL MIA (2018) PERENCANAAN BENDUNG KARET UNTUK PENGENDALI BANJIR DI SUNGAI ANCAR KOTA MATARAM Design of rubber dam for flood control in Ancar River, Mataram City. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
03_Tugas Akhir_Lalu Syamsul Mia Hartadi_F1A112035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sungai Ancar merupakan salah satu sungai yang melintasi Kota Mataram memiliki beberapa bangunan melintang sungai seperti bendung, cekdam, dan jembatan. Bendung Gerisak berada di aliran sungai Ancar adalah bendung tetap yang terletak di wilayah Kelurahan Kekalik Jaya. Namum saat terjadi debit besar pada sungai Ancar di hulu Bendung Gerisak terjadi banjir yang mengakibatkan penggenangan di pemukiman. Untuk mengatasi hal tersebut kiranya diperlukan perencanaan bendung karet yang tubuh bendungnya bisa dikempiskan untuk menurunkan muka air saat debit besar dan elevasi mercunya dapat diatur sesuai kebutuhan pertanian sekaligus pengendali banjir. Perencanaan ini menganalisis besar debit sungai Ancar, dan kapasitas pengaliran dan reduksi banjir dengan adanya bendung karet di sungai Ancar menggunakan program Hec-Ras 5.0.3. Selanjutnya menganalisis stabilitas bendung karet terhadap penggulingan, penggeseran, gaya angkat, dan stabilitas tanah dasar. Berdasarkan hasil analisis didapatkan nilai debit banjir rancangan Q25th = 54,953 m3 /dtk. Kapasitas pengaliran sungai Ancar pada river station 32, 29, dan 28 (antara jembatan Jln. Majapahit dengan jembatan Jln. Seruni) tidak mampu mengalirkan debit banjir rancangan pada kala ulang Q1,001th sebesar 3,71 m3 /dtk. Reduksi banjir dengan rencana penggantian bendung tetap menjadi bendung karet dan normalisasi mampu mereduksi banjir hingga 82,81% pada kala ulang Q25th. Bendung karet pada kondisi banjir dan gempa aman terhadap penggulingan dengan angka keamanan = 10,95 > 1,20, penggeseran = 5,88 > 1,20, gaya angkat air = 2,38 > 1,20, dan stabilitas tanah dasar = 0,47 < 2,00.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengendali Banjir, Bendung Karet, normalisasi, bendung
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Feb 2019 05:16
Last Modified: 27 Feb 2019 05:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12371

Actions (login required)

View Item View Item