PENGARUH KONSENTRASI PACLOBUTRAZOL TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN VARIETAS TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.)

AZIZAH, NUR (2018) PENGARUH KONSENTRASI PACLOBUTRAZOL TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN VARIETAS TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NUR AZIZAH pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Paclobutrazol terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens L.). Penelitian ini dilakukan di Rumah Kaca Fakultas Pertanian Universitas Mataram, dimulai pada bulan Agustus sampai dengan bulan November 2018. Rancangan percobaan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial, dengan 2 faktor. Faktor pertama yaitu zat pengatur tumbuh p0 kontrol (Air), p1 larutan Paclobutrazol konsentrasi 30 ppm, p2 larutan Paclobutrazol konsentrasi 30 ppm, dan p3 larutan Paclobutrazol konsentrasi 30 ppm, Faktor kedua yaitu varietas tanaman cabai rawit, v1: varietas Maruti, dan v2: varietas Dewata F1. Sehingga diperoleh 8 kombinasi perlakuan dan masing-masing perlakuan diulang empat kali sehingga didapat 32 unit percobaan. Data dianalisis dengan Analysis of variance (ANOVA) dan diuji lanjut dengan Uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan p0 (Air), Konsentrasi p1 (30 ppm), p2 (60 ppm), dan p3 (90 ppm) tidak memberikan pengaruh tehadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens L.). Interaksi antara Paclobutrazol dengan varietas cabai rawit (Maruti dan Dewata F1) tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens L.). Faktor varietas memberikan pengaruh terhadap variabel tinggi tanaman pada umur 7, 14, 21,35, 42 hari setelah tanam, dan berat kering batang tanaman cabai rawit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cabai rawit, Paclobutrazol, Pertumbuhan dan Perkembangan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Feb 2019 05:15
Last Modified: 27 Feb 2019 05:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12394

Actions (login required)

View Item View Item