PERILAKU STRUKTUR CANGKANG DUA ARAH BETON BAMBU KOMPOSIT DENGAN VARIASI JARAK TULANGAN BEHAVIOR OF THE TWO–WAY SHELL STRUCTURE OF COMPOSITE BAMBOO CONCRETE WITH VARIATIONS OF REINFORCEMENT DISTANCE

ILMYAH, NAFIDATUL (2019) PERILAKU STRUKTUR CANGKANG DUA ARAH BETON BAMBU KOMPOSIT DENGAN VARIASI JARAK TULANGAN BEHAVIOR OF THE TWO–WAY SHELL STRUCTURE OF COMPOSITE BAMBOO CONCRETE WITH VARIATIONS OF REINFORCEMENT DISTANCE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1. Nafidatul Ilmyah [F1A 011 107].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Seiring perkembangan jaman, bentuk konstruksi struktur suatu bangunan semakin tidak biasa, salah satunya adalah konstruksi struktur cangkang, baik itu konstruksi struktur cangkang satu arah maupun cangkang dua arah. Konstruksi dengan bentuk struktur cangkang ini memiliki nilai arsitektur yang tinggi, tetapi dalam proses pembangunannya dibutuhkan keahlian dan ketelitian khusus, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai struktur cangkang ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku dan pengaruh variasi jarak tulangan bambu terhadap kuat tekan struktur cangkang dua arah beton bambu komposit, serta mengetahui bagaimana penerapan bambu sebagai tulangan pada struktur cangkang dua arah beton bambu komposit. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dimana dimensi benda uji cangkang yang digunakan adalah berdiameter 200 cm dan tinggi 100 cm, dengan dimensi tulangan bambu yang tebalnya 0,2 cm dan lebar 2 cm, dan dimensi tulangan baja yang digunakan adalah berdiameter 3 mm. Pengujian tekan pada cangkang menggunakan Hydraulic Jack dan memasang satu Dial Gauge untuk mengetahui besarnya lendutan yang ditempatkan di atas permukaan cangkang sejauh 50 cm dari titik puncak cangkang. Hasil pengujian menunjukan perilaku dan pola retak yang berbeda serta kemampuan menahan beban yang berbeda pula. Lendutan yang dihasilkan oleh cangkang beton tulangan baja berjarak 6 cm, tulangan bambu jarak 6 cm , 8 cm serta 10 cm berturut – turut adalah 0,0237 cm, 0,065 cm, 0,007 cm dan 0,1985 cm pada beban maksimum berturut – turut adalah 2,3 ton, 4,4 ton, 2,9 ton, dan 4,1 ton. Penerapan tulangan bambu pada struktur cangkang dapat diterapkan dengan baik dengan mempertimbangkan faktor sambungan pada tulangan, dimensi tulangan, dan ketelitian perakitan tulangan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cangkang dua arah, Tulangan bambu, variasi jarak tulangan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Feb 2019 04:34
Last Modified: 28 Feb 2019 04:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12448

Actions (login required)

View Item View Item