PENERAPAN METODE CERITA BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 21 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MEILYNA, VIKHA ROSSA (2017) PENERAPAN METODE CERITA BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 21 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 21 Cakranegara. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimanakah penerapan metode cerita berantai dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 21 Cakranegara tahun pelajaran 2017/2018?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan penerapan metode cerita berantai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam beberapa siklus. Masing- masing siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi dan tes lisan. Metode analisis data menggunakan analisis ketuntasan hasil belajar. Penerapan metode cerita berantai dalam penelitian ini terdiri atas tahap : siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian salah satu siswa menerima cerita dari guru, kemudian siswa pertama menceritakan kepada siswa kedua, dan seterusnya sampai ke siswa yang terakhir, selanjutnya cerita tersebut diceritakan kembali untuk dievaluasi bersama-sama. Penerapan metode cerita berantai dapat meningkatan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SDN 21 Cakranegara dapat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 63,8% meningkat pada siklus II menjadi 88,9%. Penerapan metode cerita berantai selama proses pembelajaran juga berpengaruh pada peningkatan aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa yaitu aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I yaitu dari kategori cukup aktif meningkat menjadi kategori sangat aktif dan aktivitas mengajar guru meningkat dari kategori baik menjadi kategori sangat baik. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa aktivitas guru dan siswa serta kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN 21 Cakranegara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sudah meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): keterampilan berbicara, metode cerita berantai.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:30
Last Modified: 06 Feb 2018 02:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1245

Actions (login required)

View Item View Item