PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN GLUKOSA DAN AMMONIUM SULFAT PADA SUBSTRAT KOTORAN SAPITERHADAP VOLUME BIOGAS DARI PROSES ANAEROB

KAMIL, ARYO INSANUL (2019) PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN GLUKOSA DAN AMMONIUM SULFAT PADA SUBSTRAT KOTORAN SAPITERHADAP VOLUME BIOGAS DARI PROSES ANAEROB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ARYO FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Biogas merupakan energi alternatif biomassa yang ramah lingkungan dan gas yang mudah terbakar. Biogas mengandung campuran gas Metana (CH4), Karbondioksida (CO2) dan gas lainnya yang didapat dari hasil proses fermentasi bahan- bahan organik oleh bakteri anaerob. Produksi biogas perlu dikembangkan dalam upaya untuk memenuhi energi secara massal. Deskriptif penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produksi volume terbanyak dari perlakuan penambahan glukosa dan ammonium sulfat dengan rasio C/N tetap dari substrat kotoran sapi. Penelitian awal telah didapatkan rasio C/N substrat tanpa perlakuan sebesar 19. Terkait hal tersebut, bahan isian campuran Glukosa dipakai untuk menaikkan kadar Karbon (C) dan Ammonium sulfat untuk menaikkan kadar Nitrogen (N) dalam hal mengatur penambahan glukosan dan ammonium sulfat. Kemudian didapatkan 5 variabel yang diteliti yakni substrat tanpa perlakuan (C/N 19) dan substrat dengan perlakuan (D2, D3, D4 dan D5). Hasil penelitian ini dilakukan selama 30 hari. Diketahui total volume biogas yang dihasilkan pada substrat dengan perlakuan penambahan Glukosa dan ammonium sulfat D3, D4 memiliki total produksi biogas paling tinggi yakni sebesar 1,245 liter dan 1,32 liter. Sedangkan untuk variasi D2 dan D5 memiliki total produksi biogas yang lebih rendah yakni sebesar 0,982 liter dan 0,728 liter. Dan untuk tanpa perlakuan (TP) memiliki total produksi vulome biogas sebesar 0,607 liter.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Rasio C/N, Volume Biogas, Glukosa dan Ammonium Sulfat
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 01 Mar 2019 08:02
Last Modified: 01 Mar 2019 08:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12499

Actions (login required)

View Item View Item