Alfionita, Veny (2017) PENERAPAN METODE SEMINAR SOCRATES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMEN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 2 SENGGIGI TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa masih banyak siswa yang kurang aktif berbicara saat proses belajar bahasa Indonesia, sehingga nilai rata-rata mata pelajaran bahasa Indonesia siswa belum mencapai KKM yang ditentukan sebesar 70. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan argumen siswa Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 Siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 2 Senggigi yang berjumlah 22 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar pengamatan dan tes evaluasi. Keseluruhan data dianalisis secara kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Aktifitas siswa siklus I sebesar 13,98 dan siklus II sebesar 19,32, mengalami peningkatan dari berkategori kurang aktif menjadi aktif. Hasil penelitian diketahui rata-rata nilai hasil evaluasi kemampuan argumen pada siklus I sebesar 73,86 dan pada siklus II sebesar 78,4. Sedangkan ketuntasan klasikal belajar siswa pada siklus I sebesar 73% dan pada siklus II sebesar 90,91%. Kinerja guru pada siklus I dan siklus II sebesar 42 yang berkategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode seminar Socrates dapat meningkatkan kemampuan argumen siswa kelas V SDN 2 Senggigi Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Metode Seminar Socrates, Kemampuan Argumen |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 06 Feb 2018 02:29 |
Last Modified: | 06 Feb 2018 02:29 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1252 |
Actions (login required)
View Item |