Implementasi Kurikulum 2013 di SMKN 2 Mataram dalam Pengembangan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn

KUSMIATI, HESTIK (2017) Implementasi Kurikulum 2013 di SMKN 2 Mataram dalam Pengembangan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI HESTIK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Rancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian proses serta hasil belajar siswa di SMKN 2 Mataram dalam pengembangan sikap spiritual dan sikap sosial siswa pada Mata Pelajaran PPKn, 2) Faktor Pendukung dan penghambat implementasi Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) Dokumentasi, (2) Observasi, (3) Wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan simpulan. Hasil Penelitian ini adalah 1) Rancangan Pembelajaran yang disusun oleh guru PPKn SMKN 2 Mataram belum sepenuhnya mengembangkan sikap spiritual dan sikap sosial siswa, 2) Pelaksanaan Pembelajaran PPKn Kurikulum 2013 di SMKN 2 Mataram dalam pengembangan sikap spiritual dan sikap sosial siswa belum sepenuhnya terlaksana sesuai dengan rancangan pembelajaran, 3) Penilaian proses dan hasil belajar yang dilakukan oleh guru PPKn dalam pengembangan sikap spiritual dan sikap sosial belum terlaksna sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013, 4) Faktor pendukung dan penghambat implementasi Kurikulum 2013 dalam pengembangan sikap a) faktor pendukung meliputi (1) Telah tersedia dan atau disusun rancangan pembelajaran PPKn sekalipun belum lengkap , (2) Visi SMKN 2 Mataram telah berisi 4 kompetensi, (3) Misi SMKN 2 Mataram telah berisi sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan, namun belum berisi sikap spiritual (4) Latar belakang pendidikan guru yang relevan dengan tugasnya mengajar di sekolah , (5) Kesiapan belajar siswa cukup tinggi. Sedangkan b) faktor penghambat meliputi (1) Kepala sekolah kurang memahami dan belum melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai supervisor secara optimal, (2) Guru kurang memahami secara komprehensif tugasnya dalam menyususn rancangan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan menilai proses dan hasil belajar siswa, dan (3) Kurangnya alat pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kurikulum 2013, Sikap Spiritual dan Sikap sosial, Mata pelajaran PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:29
Last Modified: 06 Feb 2018 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1255

Actions (login required)

View Item View Item