PENENTUAN NILAI KALOR PEMBAKARAN BRIKET CANGKANG KEMIRI (Aleurites Moluccana) PADA BERBAGAI TEKANAN DENSIFIKASI DENGAN MENGGUNAKAN BOMB KALORIMETER

DEDDI, DEDDI (2013) PENENTUAN NILAI KALOR PEMBAKARAN BRIKET CANGKANG KEMIRI (Aleurites Moluccana) PADA BERBAGAI TEKANAN DENSIFIKASI DENGAN MENGGUNAKAN BOMB KALORIMETER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi ded.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Teknik Bioproses, Laboratorium Daya dan Mesin Pertanian, Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri, Universitas Mataram pada bulan September sampai Oktober 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tekanan terhadap kualitas briket arang cangkang kemiri serta karakteristik pengukuran menggunakan bomb calorimeter IKA’ Metode penelitian yang dilaksanakan menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) melakukan perlakuan pengujian briket pada berbagai variasi tekanan yaitu tekanan 4 ton, 6 ton, 8 ton, dan 10 ton. dengan 3 kali ulangan sehingga diperoleh 12 unit percobaan. kemudian dilakukan uji beda nyata antar perlakuan terhadap parameter-parameter yang diukur pada tingkat kepercayaan 95 % dengan program Statgraphics 3.1 Apabila diperoleh hasil beda nyata kemudian dilanjutkan uji multiple comparison untuk parameter kerapatan dan kadar air serta analisisi regresi untuk parameter densifikasi dan nilai bakar dengan dianalisis dengan selang taraf kepercayaan yang sama. Hasil penelitian diperoleh karakteristik pengukuran dengan bomb calorimeter serta terbatas pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa briket terbaik terdapat pada tekanan 10 ton dengan nilai kalor 28.000 kJ/Kg. Nilai karakteristik dari tiap-tiap Perlakuan tekanan pengempaan briket menunjukkan bahwa dengan meningkatnya kerapatan dan menurunnya kadar air mampu meningkatkan nilai kalor pembakaran. Nilai kalor pembakaran berpengaruh terhadap kemampuan pembakaran. Semakin tinggi nilai kalor pembakaran briket, maka tingkat kemampuaan pembakaran briket semakin tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Briket, cangkang kemiri, tekanan densifikasi, nilai kalor pembakaran
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 13 Mar 2019 03:23
Last Modified: 13 Mar 2019 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12692

Actions (login required)

View Item View Item