OPTIMASI PEMISAHAN ANTARA CANGKANG DAN DAGING KEMIRI (Aleurites moluccana, Wild) MENGGUNAKAN SISTEM PEREBUSAN DAN PERENDAMAN

USMAN, MARIADI (2014) OPTIMASI PEMISAHAN ANTARA CANGKANG DAN DAGING KEMIRI (Aleurites moluccana, Wild) MENGGUNAKAN SISTEM PEREBUSAN DAN PERENDAMAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lengkap ADI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang bertujuan mempelajari pengaruh perlakuan perebusan dan perendaman terhadap biji kemiri utuh dengan alat reaktor perebusan yang sudah ada. telah dilaksanakan di laboratorium Daya dan Mesin Pertanian, Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri, Universitas Mataram. Bahan yang digunakan adalah biji kemiri yang telah dipanen dan masih terdapat tempurungnya. Penelitian dilakuakan dengan pendekatan regresi untuk mengetahui hubungan suhu perebusan 80, 90, dan 100°C dan lama perendaman. Parameter-parameter yang di amati adalah suhu perebusan 80, 90, dan 100°C, lama perendaman setelah perebusan dengan waktu perendaman 2, 4, dan 6 jam, yang masing-masing dilakukan 3 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan variabel suhu perebsuan 100°C memiliki hasil kupasan lebih tinggi yaitu biji kemiri utuh, dibanding dengan suhu perebusan 80°C dan 90°C. Perlakuan perendaman selama 6 jam memiliki hasil kupasan biji kemiri utuh 29 biji sampel dibanding dengan perlakuan perendaman selama 2 jam dan 4 jam yang memiliki hasil biji kemiri daging hancur dan daging belah dua. Perlakuan perebusan dengan suhu 100°C dan perendaman selama 6 jam adalah perlakuan terbaik untuk mendapatkan biji kemiri utuh.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): biji kemiri, alat reaktor perebusan.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 13 Mar 2019 03:22
Last Modified: 13 Mar 2019 03:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12701

Actions (login required)

View Item View Item