APLIKASI UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2004 TENTANG PENGHAPUSAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (P-KDRT) ( Studi di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Mataram )

BAHTIAR, BAHTIAR (2010) APLIKASI UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2004 TENTANG PENGHAPUSAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (P-KDRT) ( Studi di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Mataram ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAHTIAR SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)

Abstract

Kekerasan yang terjadi dalam rumah tangga khususnya kekerasan yang dilakukan oleh suami terhadap istri dan anak setiap tahunnya semakin meningkat, disisi lain amanat Undang-undang Dasar 1945 sebagaimana yang tercantum dalam beberapa pasal antara lain dalam Pasal 28 ayat 2 berbunyi dan setiap orang bebas dari perlakuan yang bersifat diskriminasi atas dasar apapun dan berhak mendapatkan perlindungan terhadap perlakuan yang bersifat diskriminatif itu. Dari latarbelakang tersebut diatas maka pemerintah Indonesia membentuk Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Undang-undang ini dibentuk dengan tujuan untuk mencegah segala bentuk kekerasan dalam rumah tangga, melindungi korban kekerasan dalam rumah tangga, menindak pelaku kekerasan dalam rumah tangga, dan untuk memelihara keutuhan rumah tangga yang harmonis dan sejahtera. Permasalahanyang diangkat dalam skripsi ini adalah : bagaimanakah proses penyelesaian perkara kekerasan dalam rumah tangga menurut sistem hukum yang berlaku dan apakah yang menjadi pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku kekerasan dalam rumah tangga. Adapun tujuan dan manfaat dari penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah proses penyelesaian perkara kekerasan dalam rumah tangga menurut sistem hukum yang berlaku dan apakah yang menjadi pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku kekerasan dalam rumah tangga. Sementara manfaat dari penelitian ini yaitu Secara akademik; dalam penelitian ini dapat memperoleh data sebagai bahan untuk penyusunan skripsi sebagai salah satu syarat penyelesaian studi tingkat Strata Satu (S.I) pada Fakultas Hukum Universitas Mataram. Secara teoritis; dapat memberikan konstribusi pemikiran tentang kekerasan yang terjadi dalam rumah tangga sekaligus untuk menambah khasanah ilmu pengetahuan mengenai kekerasan yang terjadi dalam rumah tangga yang berbasis gender, khususnya kekerasan yang dilakukan oleh suami terhadap istri. Secara praktis; dapat membantu pihak-pihak yang berkompeten dalam penyelesaian kasus-kasus tindak kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan oleh suami terhadap istri yang akhir-akhir ini semakin meningkat, manfaat lain bagi penegak hukum, untuk dapat mengkaji ulang peraturan yang berlaku, sehingga melahirkan peraturan yang berprespektif gender, yaitu peraturan hukum yang bersifat responsif terhadap hak-hak perempuan sehingga produk hukum tersebut dapat efektif melindungi istri dari tindak kekerasan yang dilakukan oleh suami. Kesimpulan dari permasalah diatas adalah. Proses penyelesaian perkara tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga adalah berpedoman pada ketentuan hukum acara pidana yang berlaku dan hal-hal yang khusus berpedoman pula pada ketentuan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 13 Mar 2019 07:06
Last Modified: 13 Mar 2019 07:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12708

Actions (login required)

View Item View Item