ASPEK YURIDIS TENTANG EKSISTENSI DAERAH ISTIMEWA DALAM SISTEM KETATANEGARAAN BERDASARKAN UUD 1945

Triana, Dian (2010) ASPEK YURIDIS TENTANG EKSISTENSI DAERAH ISTIMEWA DALAM SISTEM KETATANEGARAAN BERDASARKAN UUD 1945. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKIPSI AKHIR.doc
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)

Abstract

Sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia menurut UUD 1945 mengakui dan menghormati satuan-satuan pemerintahan daerah yang bersifat khusus, atau bersifat istimewa. Kenyataan sejarah menunjukkan bahwa Aceh merupakan satuan pemerintahan daerah yang bersifat khusus atau bersifat istimewa terkait dengan salah satu karakter khas sejarah perjuangan masyarakat Aceh yang memiiiki ketahanan yang tinggi. Ketahanan dan daya juang yang tinggi itu bersumber dari pandangan hidup yang berlandaskan syariat Islam yang kuat sehingga Aceh menjadi daerah modal bagi perjuangan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pandangan hidup yang berlandaskan syariat Islam itulah yang kemudian dijadikan dan diberlakukan sebagai tatanan hidup dalam bermasyarakat saat ini

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Republik Indonesia menurut UUD 1945 mengakui dan menghormati satuan-satuan pemerintahan daerah yang bersifat khusus, atau bersifat istimewa.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 13 Mar 2019 07:06
Last Modified: 13 Mar 2019 07:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12712

Actions (login required)

View Item View Item