ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMPN 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ARDIANI, RINI (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMPN 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dan penyebabnya, serta upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam implementasi pendekatan saintifik pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMPN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan dengan melakukan observasi, rekaman, dan wawancara. Analisis data hasil penelitian dengan analisis hasil observasi aktivitas siswa. Dari hasil penelitian dan analisis data diperoleh bahwa persentase siswa yang kesulitan pada kegiatan mengamati yaitu 70%, persentase siswa yang kesulitan pada kegiatan menanya yaitu 85%, persentase siswa yang kesulitan pada kegiatan mencoba yaitu 80%, persentase siswa yang kesulitan pada kegiatan menalar yaitu 88%, persentase siswa yang kesulitan pada kegiatan mengkomunikasikan yaitu 85%. Hal ini menunjukkan siswa yang kesulitan pada setiap kegiatan masih tinggi. Penyebab siswa kesulitan berdasarkan faktor internal seperti kurangnya antusias siswa dalam memperhatikan penjelasan guru, kurangnya minat siswa dalam membaca buku ajar mereka, perasaan siswa yang takut dan malu lebih dominan, kurangnya pemahaman konsep siswa, siswa mengalami daya ingat yang kurang. Berdasarkan faktor eksternal seperti kurangnya alat atau media penunjang proses pembelajaran, kurangnya arahan dari guru untuk membantu siswa agar mau bertanya, kurangnya arahan dari guru supaya siswa bisa menyimpulkan materi yang sudah dipelajari. upaya yang guru lakukan untuk mengatasi kesulitan siswa yaitu dengan cara menghampiri ke setiap siswa yang mengalami kesulitan, memberikan kesempatan untuksiswa bertanya kembali diluar waktu pembelajaran mengarahkan siswa membuat alat peraga sendiri, membuat media atau LKS sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : kesulitan belajar, pendekatan saintifik, relasi dan fungsi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Mar 2019 08:46
Last Modified: 14 Mar 2019 08:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12749

Actions (login required)

View Item View Item