TINJAUAN YURIDIS TENTANG PENYELESAIAN SENGKETA MEDIA ONLINE DALAM TRANSAKSI JUAL-BELI (Dihubungkan Dengan Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen JO Undang- Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik JO KUHPerdata)

Novaris, Lalu Guntur (2019) TINJAUAN YURIDIS TENTANG PENYELESAIAN SENGKETA MEDIA ONLINE DALAM TRANSAKSI JUAL-BELI (Dihubungkan Dengan Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen JO Undang- Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik JO KUHPerdata). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSIKU.fix[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keabsahan perjanjian dan bentuk penyelesaian sengketa wanprestasi melalui E-Commerce dikaitkan dengan UU No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Jo UU No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo KUH Perdata. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif, dengan metode pendekatan Perundang-undangan, dan pendekatan konseptual. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kontrak dalam perdagangan melalui internet (E-Commerce) belum diatur dalam Buku III KUH Perdata, pengaturan terhadap kontrak perjanjian dalam E-Commerce dapat digunakan aturan yang berlaku secara umum. Dan upaya hukum dalam hal transaksi E- Commerce di Indonesia dapat diselesaikan melalui dua jalur, yakni non-litigasi dan litigasi/pengadilan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): E-Commerce, Upaya hukum
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Mar 2019 08:46
Last Modified: 14 Mar 2019 08:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12754

Actions (login required)

View Item View Item