PELAKSANAAN PENAMBANGAN PASIR SECARA LIAR DI TINJAU DARI PERSPEKTIF YURIDIS DAN DAMPAKNYA TERHADAP LINGKUNGAN (Studi: Kec. Labuhan Haji- Lombok Timur)

ASMAWATI, ASMAWATI (2010) PELAKSANAAN PENAMBANGAN PASIR SECARA LIAR DI TINJAU DARI PERSPEKTIF YURIDIS DAN DAMPAKNYA TERHADAP LINGKUNGAN (Studi: Kec. Labuhan Haji- Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
COVER.doc
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
revisi skripsi dua ribu tiga.doc
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)

Abstract

Setelah mengkaji berbagi peraturan dan membaca literatur yang berkaitan dengan penambangan dan lingkungan maka dapat penyusun dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan penambangan pasir yang dilakukan di Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur telah menyalahi peraturan Perundang-Undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia yaitu: 1) Undang-Undang No. 11 Tahun 1967 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Pertambangan 2) Undang-Undang No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara 3) Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1982 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup. 4) Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Pihak pemerintah (kelurahan) telah melakukan sosialisasi tentang peraturan yang berlaku kaitannya dengan penambangan, namun banyak dari para penambangan yang tidak mengindahkan peraturan tersebut dikarenakan para penambangan malas mengurus surat izin usaha pertambangan yang menurut mereka agak rumit. Selain itu, penambang juga beranggapan bahwa izin usaha itu tidak penting dikarenakan penambangan yang mereka lakukan merupakan usaha pertambangan dalam jangka pendek dan usaha tersebut dilakukan di lahan pribadi para penambang. Jadi dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi atas peraturan Perundang-Undangan tentang pertambangan dan lingkungan hidup bisa dikatakan belum maksimal dikarenakan para penambang pasir di Kecamatan Labuhan Haji masih banyak yang tidak memiliki izin usaha pertambangan rakyat sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan. Dampak yang ditimbulkan dengan adanya penambangan pasir tersebut ada yang bersifat positif dan juga negative. Dampak positifnya adalah terciptanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar sehingga dapat meningkatkan tarap kehidupan/perekonomian masyarakat. Sedangkan dampak negatifnya adalah berkurangnya fungsi lahan sebagai resapan air dikarenakan lahan bekas penambangan dibiarkan kering begitu saja sehingga yang tumbuh hanya rumput-rumput liar. Selain itu bekas penambangan juga mengakibatkan berubahnya bentuk bentang alam, lahan yang dulunya rata kini membentuk tebing-tebing yang rawan longsor.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Undang-Undang, Pertambangan,Pengelolaan Lingkungan Hidup
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 14 Mar 2019 08:40
Last Modified: 14 Mar 2019 08:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12808

Actions (login required)

View Item View Item