“PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DI BIDANG JASA PELAYANAN MEDIS (STUDI DI RUMAH SAKIT PRAYA LOTENG)”

YULIANA, YULIANA (2010) “PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DI BIDANG JASA PELAYANAN MEDIS (STUDI DI RUMAH SAKIT PRAYA LOTENG)”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
I. Cover.doc
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
III. KATA PENGANTAR.doc
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
V. DAFTAR ISI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
II. Pengesahan.doc
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
BAB II.doc
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
BAB V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
BAB III.doc
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)

Abstract

Dalam dunia medis yang semakin berkembang, peranan rumah sakit sangat penting dalam menunjang kesehatan dari masyarakat. Maju atau mundurnya rumah sakit akan sangat ditentukan oleh keberhasilan dari pihak-pihak yang bekerja di rumah sakit, dalam hal ini dokter, perawat dan orang-orang yang berada di tempat tersebut. Dari pihak rumah sakit diharapkan mampu memahami konsumennya secara keseluruhan agar dapat maju dan berkembang. Tenaga Kesehatan yang diberikan kepercayaan penuh oleh pasien, haruslah memperhatikan baik buruknya tindakan dan selalu berhati-hati di dalam melaksanakan tindakan medis. Dari tindakan medis tersebut tidak menutup kemungkinan terjadi suatu kesalahan ataupun kelalaian. Kesalahan ataupun kelalaian yang dilakukan tenaga kesehatan dalam melaksanakan tugas profesinya dapat berakibat fatal baik terhadap badan maupun jiwa dari pasiennya,dan hal ini tentu saja sangat merugikan bagi pihak pasien. Dari kesalahan ataupun kelalaian yang dilakukan tenaga kesehatan terhadap pasien, menimbulkan pertanyaan, yaitu; adakah perlindungan hukum terhadap pasien, dapatkah pasien yang dirugikan menuntut ganti rugi, dan siapa yang harus bertanggung jawab atas kerugian yang menimpa pasien. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui tentang ada atau tidaknya perlindungan hukum bagi pasien sebagai konsumen jasa di bidang pelayanan medis. Untuk mengetahui apakah pihak pasien yang dirugikan sebagai konsumen jasa pelayanan medis, dapat menuntut ganti rugi. Untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi perlindungan hukum terhadap konsumen di bidang pelayanan medis di RSU PRAYA. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa masih kurangnya atau lemahnya perlindungan hukum terhadap pasien sebagai konsumen jasa pelayanan medis, hal ini terlihat dengan buruknya pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit kepada pasien. Juga banyak petugas atau pihak-pihak yang mengambil kesempatan dalam hal ini untuk memberatkan pasien dengan menyulitkan sistem administrasi dan mempermainkan harga obat-obatan yang harus dibeli pasien. Maka diambil kesimpulan bahwa perlindungan hukum terhadap pasien masih lemah, banyak faktor penyebabnya yaitu adanya petugas yang nakal dan system pengawasan internal yang kurang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penelitian,pengawasan internal
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 15 Mar 2019 07:44
Last Modified: 15 Mar 2019 07:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12849

Actions (login required)

View Item View Item