EFEKTIFITAS PENERAPAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 24 TAHUN 1997 TENTANG PENDAFTARAN TANAH DI KECAMATAN SANDUBAYA KOTA MATARAM

Hadi, Fahman (2013) EFEKTIFITAS PENERAPAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 24 TAHUN 1997 TENTANG PENDAFTARAN TANAH DI KECAMATAN SANDUBAYA KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
fahman hadi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)

Abstract

Peningkatan kebutuhan akan tanah sebagai lahan pemukiman atau tempat tinggal saat ini semakin pesat. Seiring dengan pertumbuhan penduduk, kemajuan dunia usaha, perkembangan di bidang sosial, ekonomi dan budaya terutama terlihat di daerah perkotaan membuat tanah semakin bernilai. Selain itu tanah merupakan harta kekayaan yang mempunyai sifat permanen dan bernilai ekonomis yang dapat pula dicadangkan untuk kehidupan masa mendatang. Maka pokok permasalahan yang akan dibahas di dalam skripsi ini adalah sebagai berikut :Bagaimana efektifitas penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 1997 tentang pendaftaran tanah khususnya di Kecamatan Sandubaya Kota Mataram . Serta faktor- faktor apa saja yang menghambat penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang pendaftaran tanah di Kecamatan Sandubaya Kota Mataram ? Penelitian ini menggunakan penelitian secara normatif-empirik. Penelitian normatif adalah suatu pendekatan yang di dalam membahas permasalahan, berpedoman pada literatur dan peraturan Perundang-Undangan yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti. Sedangkan penelitian empirik adalah suatu penelitian dengan cara mengkaji dan melihat secara langsung penerapan peraturan perundang-undangan di lapangan. Berdasarkan penelitian bahwa penerapan peraturan pemerintah nomor 24 tahun 1997 tentang pendaftaran tanah di kecamatan Sandubaya kota Mataram menurut peneliti adalah kurang efektif dikarenakan masyarakat lebih banyak mendaftarkan tanahnya secara sistimatis di bandingkan dengan cara sporadik. Hal ini dapat dilihat masih banyaknya warga yang belum mendaftarkan tanahnya secara sistimatis maupun sporadik yang dimana masyarakat di Kecamatan Sandubaya Kota Mataram cendrung menunggu program dari pemerintah untuk mendaftarkan tanahnya, dan masih kurangnya pengetahuan masyarakat akan arti pentingnya sertifikat.Dan salah satu penyebab kurang efektifnya Pendaftaran tanah yang telah dibuat sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 yaitu Faktor keterbatasan pengetahuan masyarakat akan prosedur pendaftaran tanah. Adapun Pendaftaran tanah secara sistematis, merupakan pembiayaan dari pemerintah bagi masyarakat kurang mampu dimana alasan dilaksanakan Pendaftaran Tanah secara sistematis adalah lemahnya ekonomi, kurang adanya informasi, namun dalam pelaksanaan Pendaftaran ini terbatas dari pemerintah dikarenakan disesuaikan dengan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN), sehingga pemerataan dalam bidang pensertifikatan tanah tidak menyeluruh kepada semua unsur masyarakat yang mebutuhkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peningkatan Tanah, sistematis
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 21 Mar 2019 06:53
Last Modified: 21 Mar 2019 06:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13000

Actions (login required)

View Item View Item