TANGGUNG JAWAB PIHAK HOTEL TERHADAP KEHILANGAN DAN KERUSAKAN BARANG TITIPAN KONSUMEN (STUDI DI HOTEL THE SANTOSA SENGGIGI)

LAKSONO, HARI AGUNG (2013) TANGGUNG JAWAB PIHAK HOTEL TERHADAP KEHILANGAN DAN KERUSAKAN BARANG TITIPAN KONSUMEN (STUDI DI HOTEL THE SANTOSA SENGGIGI). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
halaman pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)

Abstract

Pelayananjasapenitipanbaranginibertujuanuntukmenghindariadanyakehilanganbarangterhadapkonsumenataupengunjung. Berdasarkanhaltersebutdi atas, makatujuannya, yaitu;untukmengetahuibentukdanpelaksanaanperjanjianpenitipanbarang di hotel SantosaSenggigidanuntukmengetahuibentuktanggungjawab hotel SantosaSenggigidalampelayananjasapenitipanbarangterhadapkehilangandankerusakanbarangtitipankonsumen. Metodepenelitian yang digunakanadalahpenelitianhukumnormatif-empirisdenganmenggunakanpendekatanperundang-undangan, pendekatankonseptualdanpendekatansosiologis. Sumberdanjenis data yang digunakanadalah data lapangandankepustakaan yang meliputi ;bahanhukum primer, bahanhukumskunderdanbahanhukumtersier. Sedangkanteknikdanalatpengumpulan data menggunakankepustakaandan data lapangandenganmenggunakananalisakualitatif. Penitipandilakukansecaralangsung di manapihaktamumenyerahkanbarang yang akandititipkankepadapihak hotel atausalahsatudarikaryawan Hotel yaitu,dengancaramenyerahkanbarangsecaralangsung, setelahitukaryawan Hotel akanmelaporkanpada Hotel bahwatelahterjadisebuahpenitipan, setelahitupihak Hotel melakukanpencatatandibukukhususpenitipanbarangsebagaibuktibahwatelahadanyapihaktamu yang melakukanpenitipan. penelitian yang dilakukanyaitu,tanggungjawab hotel terhadapkehilangandankerusakanbarangtitipankonsumen, lebihcendrungterjadikarenaadanyasalahsatupihakmelakukanwanprestasiyaitu,adanyakelalaian yang dilakukanolehsalahsatupihakdalamperjanjiantersebut. Tetapiperluditegaskanbahwasalahsatupihakdapatdikatakantelahmelakukankelalaianyaitu,dimanatardapatbuktibahwapihaktersebuttelahlalaidalammelaksanakanprestasinya. KesimpulandarihasilpenelitianadalahPelaksanaanperjanjianpenitipanbarangpada Hotel TheSantosaSenggigiyaitudilakukansecaralangsungterhadappihak hotel, dengancarayaitu,pihakpengunjungsecaralangsungmenyerahkanbarangtitipantersebutpadapihak hotel. Sarannyaadalahpelayananpenitipanbarangdalamhalinikhususnya Hotel TheSantosaSenggigisetidaknyamenyediakantempatkhususuntukpenitipanbarangtamudanmelakukanperjanjianpenitipanbarangsecaratertulisterhadappelayananpenitipanbarang. Selainitujugapihak hotel harustelitidalammelakukanpemeriksaanbarang yang dititipkanpihaktamu, agar tidakterjadikemungkinanbarangtitipantermasukbarang-barangterlarang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): penelitian, Pelayanan, hotel
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 21 Mar 2019 06:53
Last Modified: 21 Mar 2019 06:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13002

Actions (login required)

View Item View Item