HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING ANALISIS HUKUM PENERAPAN PRINSIP MANAJEMEN RISIKO PADA BANK SYARIAH (Studi di Bank Muamalat Indonesia Cabang Unit Pelayanan Syariah Taliwang)

YAQIN, AINUL (2015) HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING ANALISIS HUKUM PENERAPAN PRINSIP MANAJEMEN RISIKO PADA BANK SYARIAH (Studi di Bank Muamalat Indonesia Cabang Unit Pelayanan Syariah Taliwang). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
RINGKASAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
BAB I, BAB II, BAB III, BAB IV, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)

Abstract

Analisis hukum penerapan prinsip manajemen risiko pada Bank Syariah (Studi di Bank Muamalat Indonesia Cabang UPS. Taliwang). Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana pengaturan hukum manajemen risiko pada Bank Syariah di Indonesia, dan bagaimana penerapan manajemen risiko kredit pada Bank Muamalat Indonesia Cabang UPS. Taliwang. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui bagaimana pengaturan hukum manajemen risiko pada Bank Syariah di Indonesia, dan bagaimana penerapan manajemen risiko kredit pada Bank Muamalat Indonesia Cabang UPS. Taliwang. Manfaat penelitian terdiri atas: manfaat akademik, manfaat teoritis, serta manfaat praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris. Hasil penelitian ini ialah pertama, Pengaturan hukum mengenai penerapan manajemen risiko pada Bank Syariah di Indonesia pertama kali diatur melalui PBI No. 5/8/PBI/2003, kemudian PBI ini diubah dengan PBI No. 11/25/PBI/2009. Perbedaan prinsip antara Bank Konvensional dan Bank Syariah menjadi dasar dikeluarkannya PBI No. 13/23/PBI/2011. Kedua, penerapan manajemen risiko kredit pada Bank Muamalat Indonesia Cabang UPS. Taliwang dilakukan dengan menerapkan prinsip kehati-hatian yang implementasinya antara lain dalam bentuk: prinsip mengenal nasabah, pemenuhan ketentuan berlaku, analisis penanaman dana, sistem antisipasi dini, dan diversivikasi risiko. Proses penerapan manajemen risiko Kredit pada Bank Muamalat Indonesia Cabang UPS. Taliwang terdiri atas proses identifikasi, pengukuran, pemantauan, dan pengendalian risiko kredit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Manajemen risiko, Bank Syariah
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 26 Mar 2019 03:36
Last Modified: 26 Mar 2019 03:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13062

Actions (login required)

View Item View Item