IMPLEMENTASI PENDAFTARAN HAK TANGGUNGAN ATAS TANAH MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 4 TAHUN 1996 TENTANG HAK TANGGUNGAN ATAS TANAH BESERTA BENDA-BENDA YANG BERKAITAN DENGAN TANAH (Studi Di Kabupaten Dompu)

ARDIANSYAH, ARDIANSYAH (2016) IMPLEMENTASI PENDAFTARAN HAK TANGGUNGAN ATAS TANAH MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 4 TAHUN 1996 TENTANG HAK TANGGUNGAN ATAS TANAH BESERTA BENDA-BENDA YANG BERKAITAN DENGAN TANAH (Studi Di Kabupaten Dompu). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
COVER ARDI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR ARDI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
RINGKASAN ARDI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
SKRIPSI ARDI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)

Abstract

Berlakunya Undang-Undang Tentang Hak Tanggungan mengharuskan kepada masyarakat untuk melakukan pendaftaran terhadap tanah yang diikat dengan Hak Tanggungan dalam suatu utang piutang antar sesama masyarakat. Dalam UUPA ditentukan bahwa Hak Tanggungan dapat dibebankan kepada Hak Milik, Hak Guna Usaha dan Hak Guna Bangunan yang diatur dengan Undang-Undang, berdasarkan amanat Pasal 51 UUPA. Adanya kewajiban untuk mendaftarkan Hak Tanggungan ditujukan untuk menjamin kepastian hukum kepada pemberi dan penerima Hak Tanggungan serta untuk memberikan perlindungan hukum manakala salah satu pihak mengadakan tindakan-tindakan yang merugikan pihak lainnya. Adapun penelitian ini bertujuan, yaitu: untuk mengetahui implementasi pendaftaran hak tanggungan atas tanah menurut undang-undang nomor 4 tahun 1996 tentang hak tanggungan atas tanah beserta benda-benda yang berkaitan dengan tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Dompu dan mengetahui kendala yang dihadapi oleh pihak pertanahan kabupaten dompu dalam melakukan Pendaftaran Atas Tanah yang menjadi Hak Tanggungan. Adapun metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif empiris, dengan melakukan pendekatan perundang-undangan (statute approach), pendekatan sosiologis (sociological approach), dan pendekatan konseptual (conceptual approach).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pendekatan konseptual (conceptual approach).
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 26 Mar 2019 03:35
Last Modified: 26 Mar 2019 03:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13073

Actions (login required)

View Item View Item