TANGGUNGJAWAB PENGELOLA PARKIR TERHADAP KEHILANGAN ATAU KERUGIAN YANG DIDERITA OLEH PEMILIK KENDARAAN BERMOTOR (Studi di Kota Mataram)

BIHAN, PEBRIANI MUHIBATUL (2015) TANGGUNGJAWAB PENGELOLA PARKIR TERHADAP KEHILANGAN ATAU KERUGIAN YANG DIDERITA OLEH PEMILIK KENDARAAN BERMOTOR (Studi di Kota Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi fix.docx
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji dan menganalisis alasan perlu adanya tanggung jawab pengelola parkir terhadap kehilangan atau kerugian yang diderita oleh pemilik kendaraan bermotor. Penelitian ini merupakan hukum normatif empiris dengan menggunakan empat macam pendekatan yaitu pendekatan Perundang-undangan, pendekatan Konseptual, pendekatan sosiologis, dan pendekatan Kasus. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa sistem pengelola parkir itu memiliki sistem pembayaran satu minggu tiga kali, akan tetapi didalam parkir yang diteliti memiliki parkir yang berbeda-beda sistem pembayarannya. Dasar hukum terjadinya tanggung jawab pengelola parkir dikarenakan perjanjian penitipan barang, ini sesuai dengan pasal 1694 s/d Pasal 1792 KUH Perdata, Perda Nomor 2 Tahun 2011 tentang Pajak Parkir. Tanggung jawab pengelola parkir atas kehilangan atau kerugian yang diderita oleh pemilik kendaraan bermotor, ganti rugi terhadap kehilangan maupun kerusakan kendaraan pengguna jasa parkir selama dititipkan di tempat parkir, ganti rugi setengah dari harga motor dengan melihat tahun kendaraan dan pengalihan tanggung jawab terhadap kehilangan maupun kerusakan kendaraan dari pengelola parkir kepada pengguna jasa parkir dengan suatu perjanjian standar atau baku.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tanggung jawab Pengelola Parkir, Sewa Tempat, Perjanjian Penitipan Barang.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 26 Mar 2019 03:34
Last Modified: 26 Mar 2019 03:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13084

Actions (login required)

View Item View Item