PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK

Pratama, Gilang Hadi (2016) PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Cover.docx
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA CYBERCRIME DALAM UNDANG.docx
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)

Abstract

penelitian yang digunakan oleh penyusun dalam menyusun skripsi ini dengan menggunakan jenis penelitian hukum normatif atau disebut juga penelitian hukum doktrinal. Metode pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan Perundang-Udangan (Statute Approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Sistem pembuktian dalam Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sama seperti sistem pembuktian dalam KUHAP, hanya saja mengalami beberapa perluasan alat bukti (alat bukti digital atau dokumen elektronik) dan ruang lingkup. Alat bukti baru dalam Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik merupakan alat bukti yang sah yang terdapat dalam Pasal 5 UU ITE dan adanya kewenangan khusus bagi penyidik pegawai negeri sipil di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang terdapat dalam Pasal 43 ayat (5). Dalam pembuktian tindak pidana cybercrime tidak luput dari peran penting komputer forensik (computer forensic) untuk melakukan proses penyidikan alat bukti elektronik alat bukti digital dengan cara acquiring dan imaging, serta analisis dari alat bukti tersebut. Proses tersebut sangat diperlukan sebelum alat bukti diajukan ke pengadilan agar alat bukti tersebut memiliki kompeten, yaitu reliabel dan credible, serta relevan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): uu ite,KUHAP
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 27 Mar 2019 02:10
Last Modified: 27 Mar 2019 02:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13142

Actions (login required)

View Item View Item