“ANALISIS PEMBAYARAN DENDA KETERLAMBATAN PREMI OLEH NASABAH BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN (STUDI KOMPARASI UNDANG-UNDANG NOMOR 24 TAHUN 2011 DENGAN HUKUM ISLAM)

AULIA, RIDHO NOVIA (2016) “ANALISIS PEMBAYARAN DENDA KETERLAMBATAN PREMI OLEH NASABAH BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN (STUDI KOMPARASI UNDANG-UNDANG NOMOR 24 TAHUN 2011 DENGAN HUKUM ISLAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RIDHO NOVIA AULIA.doc
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertimbangan hukum pengaturan penjatuhan denda pembayaran premi oleh peserta BPJS kesehatan yang melakukan wanprestasi dan apakah penjatuhan denda yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS Kesehatan sesuai dengan Hukum Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian normatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pertimbangan hukum pengaturan penjatuhan denda pembayaran premi oleh peserta BPJS Kesehatan yang melakukan wanprestasi adalah karena merupakan program Negara untuk memberikan kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang telah diatur didalam UUD NRI 1945, khusunya pasal 28 H dan pasal 34 yang telah diwujudkan dalam program SJSN dan BPJS Kesehatan. Adapun penjatuhan denda yang diberlakukan dalam UU No.24 Tahun 2011 tentang BPJS Kesehatan yang ditinjau dari persfektif hukum Islam terdapat perbedaan karena didalam hukum islam sanksi yang diperbolehkan menurut fuqaha adalah berupa ancaman.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Premi dan Hukum Islam
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 27 Mar 2019 02:00
Last Modified: 27 Mar 2019 02:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13168

Actions (login required)

View Item View Item