PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK PENUTUR ASING (BIPA): PELUANG, TANTANGAN DAN SOLUSI

Sujana, I Made (2012) PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK PENUTUR ASING (BIPA): PELUANG, TANTANGAN DAN SOLUSI. In: “Seminar Internasional “Menimang Bahasa Membangun Bangsa”, 5-6 September 2012, Sahid Legi Mataram Lombok Indoensia.

[img] Text
BIPA-PotensidanTantangan-MadeSujanaUNRAM(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak. Program Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) semakin marak dilaksanakan baik di sentra-sentra BIPA dalam negeri maupun sentra-sentra di luar negeri. Perkembangan ini memberi peluang bagi lembaga-lembaga pendidikan maupun perorangan untuk mengambil bagian sesuai dengan kapasitas masing-masing karena BIPA diibaratkan sebagai hutan belantara yang didalamnya terkandung potensi-potensi yang luar biasa untuk digali (Riasa, 2011). Program BIPA bisa digarap dari dimensi bisnis (berupa program kursus), dari dimensi bidang ilmu (kajian khusus tentang pembelajaran BIPA dan linguistic BIPA), dan dari dimensi profesi (BIPA bisa digeluti sebagai profesi). Bagi masyarakat NTB, garapan dimensi ini ditunjang oleh semakin maraknya NTB sebagai daerah tujuan wisata. Selain itu Program BIPA juga sebagai batu loncatan untuk menindaklanjuti kerjasama di luar hal-hal yang berkaitan dengan belajar bahasa, karena pebelajar asing belajar bahasa Indonesia bukan untuk menjadi ahli bahasa tetapi menggunakan kemampuan berbahasa sebagai tujuan antara. Dibalik potensi-potensi tersebut di atas, kita dihadapkan pada berbagai tantangan: Apakah kita sudah siap dengan program-program yang kita tawarkan?, Apakah sumberdaya manusia (instruktur) yang kita hasilkan sudah siap mengajar BIPA? Apakah dengan berbekal S1 Pendidikan Bahasa dan Seni sudah siap menjadi instruktur BIPA? Apakah lususan S1 Pendidikan Bahasa dan Seni telah dibekali dengan model-model/strategi/teknik belajar bahasa asing (BI sebagai Bahasa Asing)? Apakah kita sebagai penutur asli bahasa Indonesia cukup percaya diri untuk menjelaskan Tatabahasa Indonesia? Itulah diantara tantangan yang harus dijawab oleh kita semua yang ingin menjadi penggiat BIPA. Tulisan ini akan membahas potensi-potensi Program BIPA dan tantangan-tantangan yang mungkin dihadapi ketika ingin menyelenggarakan atau terlibat dalam program BIPA serta solusi-solusi dalam menghadi tantangan tersebut.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords (Kata Kunci): BIPA, potensi, tantangan
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: I Made Sujana
Date Deposited: 28 Mar 2019 01:16
Last Modified: 28 Mar 2019 01:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13220

Actions (login required)

View Item View Item