KARAKTERISTIK PENDERITA TUBERKULOSIS YANG MENDAPATKAN PENGOBATAN DI WILAYAH KECAMATAN KERUAK, KABUPATEN LOMBOK TIMUR, NTB TAHUN 2009

Aliansyah, Muhammad (2010) KARAKTERISTIK PENDERITA TUBERKULOSIS YANG MENDAPATKAN PENGOBATAN DI WILAYAH KECAMATAN KERUAK, KABUPATEN LOMBOK TIMUR, NTB TAHUN 2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bagian Awal.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
BAB III.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
BAB IV.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB V.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)

Abstract

Latar Belakang: Tuberkulosis saat ini masih menjadi masalah kesehatan masyarakat yang bersifat global diseluruh dunia. Di Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi NTB, pada tahun 2007, telah teregistrasi 77 penderita yang dinyatakan positif menderita tuberkulosis. Penanggulangan tuberkulosis merupakan usaha yang menyeluruh dan dipengaruhi oleh banyak hal, sehingga perlu diketahui karakteristik penderita tuberkulosis tersebut. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik penderita tuberkulosis yang mendapatkan pengobatan di Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur, NTB tahun 2009. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampelnya ialah penderita tuberkulosis di wilayah Kecamatan Keruak yang pernah mendapatkan pengobatan dan teregistrasi oleh Puskesmas. Kriteria inklusi adalah penderita tuberkulosis yang bersedia diwawancarai, dan kriteria eksklusi adalah penderita tuberkulosis anak-anak serta penderita tuberkulosis yang menjalani pengobatan fase intensif. Hasil: Penderita tuberkulosis di Kecamatan Keruak terdiri dari 52,27% laki-laki dan 47,73 % perempuan, dengan 68,18% tergolong dalam usia produktif secara ekonomi, bekerja terutama pada bidang pertanian, dan berpendidikan relatif rendah. Semuanya mengetahui gejala-gejala, perlunya mengobati tuberkulosis, dan pengobatan gratis yang dilakukan oleh pemerintah. Sebanyak 97,73% mengetahui perlunya melakukan pengobatan secara rutin, 95,45% mengetahui bahwa pengobatan harus dilakukan sampai tuntas, 93,18% mengetahui adanya pengawas menelan obat, 88,64% mengetahui bahwa tuberkulosis berbahaya, 54,55% mengetahui bahwa tuberkulosis menular dan cara penularan tuberkulosis, 52,27% mengetahui etiologi tuberkulosis, 45,56% mengetahui cara mencegah penularan tuberkulosis. Semuanya beranggapan bahwa mereka mengalami perbaikan kondisi kesehatan setelah berobat. Sebanyak 86,63% beranggapan bahwa tuberkulosis yang dideritanya mengganggu aktivitas sehari-hari mereka, 72,09% beranggapan bahwa pengobatan tuberkulosis memberikan efek samping. Kesimpulan: Penderita tuberkulosis di Kecamatan Keruak terdiri dari laki-laki dan perempuan dengan jumlah yang berimbang. Kebanyakan berada dalam usia produktif secara ekonomi, bekerja terutama pada bidang pertanian, dan berpendidikan relatif rendah. Pengetahuan mereka mengenai berbagai hal yang terkait dengan tuberkulosis dan program pemerintah dalam menanggulangi tuberkulosis beragam, yaitu 45,56% hingga 100%. Semuanya beranggapan bahwa mereka mengalami perbaikan kondisi kesehatan setelah berobat. Kebanyakan beranggapan bahwa tuberkulosis yang dideritanya mengganggu aktivitas sehari-hari mereka dan pengobatan tuberkulosis memberikan efek samping.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Karakteristik, Tuberkulosis, Pengobatan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 28 Mar 2019 02:24
Last Modified: 28 Mar 2019 02:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13230

Actions (login required)

View Item View Item