LESSON STUDY SEBAGAI ALTERNATIF PENINGKATAN KOMPETENSI CALON GURU DI LPTK

Sujana, I Made and Narasintawati, Luh Sri (2010) LESSON STUDY SEBAGAI ALTERNATIF PENINGKATAN KOMPETENSI CALON GURU DI LPTK. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20 (1). pp. 1-8. ISSN 0853-0009

[img] Text
Lesson Study-PPL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak. Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan muara dari semua proses belajar mengajar di LPTK (Wardani & Suparno, 1994). Apapun yang dilakukan dalam perkuliahan, semua itu diperuntukkan bagi peningkatan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru yang ujicobanya dilaksanakan melalui PPL. Tetapi kenyataannya, program yang sangat sentral bagi LPTK ini belum dilaksanakan sebagaimana mestinya. Program Pengalaman Lapangan di FKIP Universitas Mataram cenderung pelaksanaannya semakin tidak memiliki bentuk. Tulisan ini mencoba memberikan salah satu solusi perbaikan kualitas pelaksanaan PPL dengan menggunakan pola Lesson Study. Diharapkan dengan [enerapan Lesson Study, PPL tidak sekadar formalitas magang disekolah tetapi mampu memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam rangka meningkatkan kualitas guru yang dihasilkan LPTK. Kata-Kata Kunci: PPL. Lesson Study, kompetensi Abstract. Teaching Apprenticeship Program is “estuary” of all teaching and learning processes at Teacher Training Institutions (Wardhani & Suparno, 1994). Every program conducted at the Institutions leads to the improvement of students’ competencies to be teachers. However, at the level of implementation, the Teaching Apprenticeship Program at LPTK in general and UNRAM in particular was not run as expected. This article tries to offer solutions to improve the quality of PPL by applying Lesson Study, the application of which is expected to improve the quality of teachers in the future. Keywords: Teaching Apprenticeship Program, Lesson Study, competenc

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Teaching Apprenticeship Program, Lesson Study, competency
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: I Made Sujana
Date Deposited: 29 Mar 2019 01:53
Last Modified: 29 Mar 2019 01:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13259

Actions (login required)

View Item View Item