HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS (SDLR) PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM

AHMADA, DZAKY (2014) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS (SDLR) PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1. cover dzaky.docx
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
Dzaky AHmada artikel Ilmiyah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
FULL DZAKY AHMADA (H1A010011)-HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN SDLR MAHASISWA FK UNRAM.docx
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[img] Text
Naskah Publikasi Ilmiyah Dzaky Ahmada (H1A010011).docx
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)

Abstract

Latar belakang dan tujuan: Stres merupakan bagian yang tak terpisahkan dari dunia pendidikan, khususnya pendidikan kedokteran. Berbagai faktor dapat menjadi penyebab stres, baik faktor akademik maupun non akademik. Stres yang terjadi pada mahasiswa dikhawatirkan akan mempengaruhi kondisi psikologis mahasiswa dan akan memiliki implikasi yang buruk terhadap kesiapan belajar mandiri mahasiswa atau SDLR (self directed learning readiness). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara tingkat stres dan SDLR mahasiswa Fakultas KedokteranUniversitas Mataram. Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross-sectional. Sampel penelitian iniadalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram tahap preklinik yang memenuhi kriteria inklusi (n=227). Data penelitian yang diambil merupakan data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner K10 dan kuesioner SDLRS (self directed learning readiness scale). Analisis statistik yang digunakan adalah uji korelasi Spearman untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres dan SDLR. Hasil:Hasil analisis bivariat dengan mengunakan uji korelasiSpearman didapatkan bahwa nilai signifikansi (p) adalah 0,088 (p>0,05)yang berarti tidak terdapat hubungan antara tingkat stres dan SDLR mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Simpulan: Tidak terdapat hubungan antara tingkat stres dan SDLR Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): tingkat stres, SDLR (self directed learning readiness), mahasiswa kedokteran.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 29 Mar 2019 07:19
Last Modified: 29 Mar 2019 07:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13275

Actions (login required)

View Item View Item