PENGARUH PEMBERIAN RAMUAN OBATTRADISIONAL KHAS NTB DARI REBUSAN AIR DAUN SALAM, AKAR ALANG-ALANG, SAMBILOTO, DAN PEGAGAN TERHADAP KADAR KOLESTEROL LDLPADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS L)HIPERKOLESTEROLEMIA

MAULANA, MUHAMAD AGUNG RESTU (2016) PENGARUH PEMBERIAN RAMUAN OBATTRADISIONAL KHAS NTB DARI REBUSAN AIR DAUN SALAM, AKAR ALANG-ALANG, SAMBILOTO, DAN PEGAGAN TERHADAP KADAR KOLESTEROL LDLPADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS L)HIPERKOLESTEROLEMIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI Cover - abstrak.docx
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
Kerangka konsep halaman 17.docx
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
KTI BAB 1 - Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang:Menurut data WHO tahun 2011, peningkatan kadar kolesterol atau hiperkolesterolemia diperkirakan telah menyebabkan 2,6 juta kematian di seluruh dunia.Ada beberapa jenis kolesterol yang berperan dalam hiperkolesterolemia, salah satunya yaitucholesterollow-density lipoprotein (LDL) jika jumlahnya melebihi dari kadar normal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian ramuan obat khas NTB terhadap kadarkolesterol LDL tikus putih (Rattus norvegicus L.). Metode: Penelitian ini merupakan studi eksperimental. Unit replikasi yang digunakan sebanyak 20 ekor tikus (Rattus norvegicus) jantan galur wistar yang dibagi menjadi 4 kelompok. Kelompok perlakuan (P) diberikan induksi dislipidemiaselama 21 hari dan ramuan obat khas NTB dengan dosis 3,75 ml/hari selama 14 hari. Kelompok kontrol positif 1 (K1) diberikan induksi dislipidemiaselama 21 hari tanpa terapi,Kelompok kontrol positif 2 (K2) diberikaninduksi dislipidemiadiberikan terapi simvastatin dengan dosis 1,25 mg/hari selama 14 hari. dan kelompok kontrol negatif (K-) hanya diberikan pakan konsentrat saja.Pada akhir minggu ke-5 dilakukan pengambilan sampel darah intrakardiak dan dilakukan pemeriksaan kadar kolesterol total dan trigliserida. Analisis data dilakukan dengan uji statistik parametrik,yaitu uji denganuji Kruskal Wallis. Hasil: Kadar kolesterol LDL pada kelompok kontrol K- (15,25 ± 4,50 mg/dl), kelompok kontrol K1 (12,5 ± 4,1 mg/dl),kelompok K2(10,6 ± 3,6 mg/dl), dan kelompok perlakuan P(17 ± 5 mg/dl).Hasil uji statistikKruskal wallis didapatkan nilai signifikansi p>0,05 yang menunjukkan tidak ada perbedaan kadar kolesterol LDL yang bermakna antar kelompok. Simpulan: Pemberian pemberian ramuan obattradisional khas NTB dari rebusan air daun salam,akar alang-alang, sambiloto, dan pegagan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kadar kolesterol LDL tikus putih (Rattus norvegicus) yang diinduksiHiperkolesterolemia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hiperkolesterolemia, LDL, ramuan obattradisional khas NTB
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:14
Last Modified: 02 Apr 2019 08:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13292

Actions (login required)

View Item View Item