HUBUNGAN ANTARA PERILAKU BULLYING DENGAN TIPE RELIGIOUS COPING PADA SISWA SMA DI KOTA MATARAM

Zulfatudhucha, Firda (2019) HUBUNGAN ANTARA PERILAKU BULLYING DENGAN TIPE RELIGIOUS COPING PADA SISWA SMA DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Firda Zulfatudhucha (H1A015025) - Hubungan antara Perilaku Bullying dengan Tipe Religious Coping pada Siswa SMA di Kota Mataram.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Bullying adalah perilaku agresif dalam pertemanan yang dilakukan berulang dengan adanya ketidakseimbangan kekuatan antara korban dan pelaku. Bullying merupakan stresor yang dapat memengaruhi mekanisme coping pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara perilaku bullying dengan tipe religious coping pada siswa SMA di Kota Mataram. Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah siswa kelas X berusia <18 tahun di Kota Mataram yang memenuhi kriteria inklusi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Mataram dan SMAN 7 Mataram dengan jumlah responden 61 orang terdiri dari 37 perempuan dan 24 laki-laki. Hasil: Dari 61 subjek, sebanyak 32 (52,5%) subjek tidak terlibat bullying, 29 (47,5%) subjek terlibat bullying dengan rincian 12 (19,7%) subjek adalah korban, 13 (21,3%) subjek adalah pelaku, dan 4 (6,6%) subjek adalah korban-pelaku. Tipe religious coping pada 44 (72,1%) subjek adalah positif dan 17 (27,9%) subjek adalah negatif. Analisis hubungan menggunakan uji koefisien kontingensi menunjukkan adanya hubungan antara perilaku bullying dengan tipe religious coping.Uji regresi logistik menunjukkan adanya perilaku bullying memiliki risiko 3,812 kali lebih besar dibandingkan dengan tidak adanya perilaku bullying dalam membentuk tipe religious coping negatif. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara perilaku bullying dengan tipe religious coping.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): bullying, religious coping, remaja
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:13
Last Modified: 02 Apr 2019 08:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13306

Actions (login required)

View Item View Item