HUBUNGAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DENGAN KEJADIAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH (BBLR) DI KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Gunawan, Muhammad Heru (2019) HUBUNGAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DENGAN KEJADIAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH (BBLR) DI KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KARYA TULLIS ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Anemia pada kehamilan merupakan masalah kesehatan masyarakat secara global yang dihadapi saat ini,terutama di negara-negara berkembang, karenabisa menyebabkan bayi berat lahir rendah (BBLR). Anemia terjadi pada 37,1% ibu hamil di Indonesia.Pada tahun 2016 di Kabupaten Lombok Barat kasus BBLR sebesar 4,1% atau 565 kasus dengan BBLR yang disebabkan oleh anemia atau kekurangan energi kronis (KEK) pada ibu hamil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan anemia pada ibu hamil dengan kejadian BBLR. Metode : Analitik observasional dengan rancangan penelitian studi kohort retrospektif. Subjek penelitian adalah ibu hamil yang melahirkan dan melakukan ANC di Puskesmas Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat pada Januari 2017 – Oktober 2018. Sampel kasus sebanyak 37 orang dan sampel kontrol sebanyak 37 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan consequtive random sampling. Pengumpulan data melalui data sekunder berupa data kohort ibu dan kohort bayi dan menggunakan analisisuji fisher. Hasil : Terdapat hubungan bermakna antara anemia pada ibu hamil dengan BBLR (p = 0,000, RR = 15,469), dan indeks massa tubuh dengan BBLR (p = 0,012). Simpulan : Terdapat hubungan anemia pada ibu hamil dengan kejadian bayi berat lahir rendah (BBLR) di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ibu hamil anemia, cukup bulan, bayi berat lahir rendah (BBLR)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:13
Last Modified: 02 Apr 2019 08:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13308

Actions (login required)

View Item View Item