HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN TELEPON PINTAR DENGAN KUALITAS TIDUR PADA MAHASISWA PREKLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM

Ariska, Melinda Nadya (2019) HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN TELEPON PINTAR DENGAN KUALITAS TIDUR PADA MAHASISWA PREKLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH KTI Melinda.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Pengguna telepon pintar di dunia mengalami peningkatan yaitu dari 15% di tahun 2012 menjadi 24% di tahun 2014. Di Indonesia sendiri pengguna telepon pintar cukup tinggi. Berdasarkan hasil survei Kementerian Komunikasi dan Informasi (2016) dari 189,5 juta penduduk Indonesia sebanyak 72,8% memiliki telepon genggam dengan persentase pengguna telepon pintar sebesar 65,6%, pengguna telepon pintar memiliki usia rata-rata 16- 25 tahun. Penggunaan telepon pintar secara berlebihan dapat menyebabkan penurunan kualitas tidur. Metode: Penelitian ini merupakan suatu penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional terhadap 42 orang mahasisiwi. Data kecanduan telepon pintar dikumpulkan dengan cara pengisian kuesioner SAS-SV (Smartphone Addiction Scale-Short Version) dan data kualitas tidur dikumpulkan dengan cara pengisian kuesioner PSQI (Pittsburgh Sleep Quality Index). Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi koefisien kontingensi. Hasil : Pada penelitian ini, terdapat 26 orang (62%) yang mengalami kecanduan telepon pintar dan 16 orang (38%) dengan risiko tinggi kecanduan telepon pintar, sedangkan ditinjau dari kualitas tidur didapatkan 27 orang (64,3%) mengalami kualitas tidur buruk dan 15 orang (35,7%) mengalami kualitas tidur baik. Berdasarkan hasil uji koefisien kontingensi didapatkan hasil bahwa tidak terdapat hubungan antara kecanduan telepon pintar dengan kualitas tidur pada mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (p>0,05). Simpulan : Kecanduan telepon pintar bukan satu-satunya prediktor yang dapat memengaruhi kualitas tidur pada mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kecanduan telepon pintar, Kualitas tidur, Mahasiswa.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Apr 2019 08:10
Last Modified: 05 Apr 2019 08:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13360

Actions (login required)

View Item View Item