IMPLEMENTASI PRINSIP GOOD GOVERNANCE DI PEMERINTAHAN DESA (Studi di Kantor Desa Ranjok Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat)

JUMARLAN, M FADLIN (2018) IMPLEMENTASI PRINSIP GOOD GOVERNANCE DI PEMERINTAHAN DESA (Studi di Kantor Desa Ranjok Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi prinsip Good governance di Pemerintahan Desa Ranjok serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik Purposive Sampling yakni Kepala Desa, Sekretaris Desa, KAUR Desa. Adapun informan dalam penelitian ini yakni Ketua BPD dan Masyarakat Desa Ranjok. Data yang telah terkumpulkan dianalisis secara deskriptif melalui langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya implementasi prinsip Good governance di Pemerintahan Desa Ranjok Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat yaitu partisipasi, transparansi, akuntabilitas, berorientasi konsensus, tertib penyelenggaraan pemerintahan, kepentingan umum, proporsionalitas, profesionalitas, serta efektivitas dan efisiensi. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi prinsip Good governance di Pemerintahan Desa Ranjok Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat yaitu sumberdaya manusia, Sarana dan Prasarana, serta partisipasi masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Implementasi Good Governance, Prinsip-prinsip Good Governance
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Apr 2019 01:48
Last Modified: 08 Apr 2019 01:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13369

Actions (login required)

View Item View Item