KARAKTERISASI NILAI GIZI ES KRIM ALPUKAT (Persea americana) DENGAN KOMBINASI JENIS ZAT PENSTABIL PADA KONSENTRASI YANG BERBEDA

HIDAYATI, BAIQ PEBRIANTI (2019) KARAKTERISASI NILAI GIZI ES KRIM ALPUKAT (Persea americana) DENGAN KOMBINASI JENIS ZAT PENSTABIL PADA KONSENTRASI YANG BERBEDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ PEBRIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi jenis zat penstabil pada konsentrasi yang berbeda terhadap karakteristik nilai gizi dan organoleptik es krim alpukat. Percobaan ini dirancang dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dua faktor yaitu jenis zat penstabil dan konsentrasi zat penstabil. Faktor pertama berupa jenis zat penstabil karagenan yang terdiri dari tiga aras yaitu konsentrasi 0%; 0,2% dan 0,4%. Faktor kedua berupa jenis zat penstabil CMC yang terdiri dari tiga aras yaitu konsentrasi 0%; 0,2% dan 0,4%. Masing- masing aras kedua faktor dikombinasikan sehingga diperoleh 9 perlakuan kombinasi dan diulang sebanyak 3 kali. Parameter yang diamati meliputi kadar lemak, kadar serat kasar, kadar kalium, total padatan terlarut, overrun, resistensi dan organoleptik. Data hasil pengamatan diuji pada taraf nyata 5% menggunakan Software Co-Stat. Pada parameter yang berbeda nyata diuji lanjut menggunakan Uji Duncan pada taraf nyata yang sama. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa interaksi jenis zat penstabil pada konsentrasi yang berbeda memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap overrun, resistensi dan organoleptik tekstur. Perlakuan kombinasi zat penstabil CMC 0,2% dan karagenan 0,2% (K2C2) direkomendasikan sebagai perlakuan terbaik untuk overrun (35,06%), resinstensi (13,58 menit) dan total padatan (38,36 o Brix)..

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): alpukat, CMC es krim, , karagenan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Apr 2019 01:48
Last Modified: 08 Apr 2019 01:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13372

Actions (login required)

View Item View Item