ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL MELALUI KEPUASAN KERJA (STUDI PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) LOMBOK TENGAH

APRIANDY, MITA (2019) ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL MELALUI KEPUASAN KERJA (STUDI PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MITA APRIANDY (AIB015084).docx
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Organisasional Melalui Kepuasan Kerja (Studi Pada Pegawai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Tengah)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen organisasional melalui kepuasan kerja pada pegaawai PDAM Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan bentuk hubungan kausal. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Alat pengumpulan data menggunakan kuisioner, flasdisk, handphone dan alat tulis. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pegawai PDAM Lombok Tengah yaitu sebanyak 95 orang. Adapun variabel yang akan dianalisis yakni, budaya organisasi, komitmen organisasional dan kepuasan kerja. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Dengan bantuan program SPSS hasil analisis terhadap variabel yang diajukan menunjukan bahwa tingkat signifikan < 0,005 yang berarti hipotesis nol ditolak atau terdapat hubungan antar variabel. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1. Adanya pengaruh positif dan tidak signifikan dari budaya organisasi terhadap komitmen organisasional, 2. Adanya pengaruh positif dan signifikan dari budaya organisasi terhadap kepuasan kerja, 3. Adanya pengaruh positif dan signifikan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional dan 4. Adanya pengaruh positif dan signifikan dari budaya organisasi terhadap komitmen organisasional melalui kepuasan kerja.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Budaya Organisasi, Komitmen Organisasional dan Kepuasan Kerja.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 10 Apr 2019 03:54
Last Modified: 10 Apr 2019 03:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13410

Actions (login required)

View Item View Item