KANDUNGAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK DAN LEMAK KASAR JERAMI JAGUNG PANEN MUDA YANG DIFERMENTASI MENGGUNAKAN BEBERAPA JENIS PROBIOTIK

MULYONO, OJI (2019) KANDUNGAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK DAN LEMAK KASAR JERAMI JAGUNG PANEN MUDA YANG DIFERMENTASI MENGGUNAKAN BEBERAPA JENIS PROBIOTIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tiga jenis probiotik terhadap kandungan Bahan Kering, Bahan Organik dan Lemak Kasar silase jerami jagung telah dilaksanakan di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan, Universitas Mataram pada tanggal 21 April sampai 21 Mei 2018. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah jerami jagung, dedak padi, molases, Boster, Bos dan Tangguh. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan empat perlakuan dan 4 ulangan. Ke empat perlakuan tersebut adalah: P1= Jerami jagung + 5% dedak padi, P2= Jerami jagung + 5% dedak padi + 5 ml molases + 5 ml boster, P3= Jerami jagung + 5% dedak padi + 5 ml molases + 5 ml bos, P4= Jerami jagung + 5% dedak padi + 5 ml molases + 5 ml tangguh. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah Bahan Kering, Bahan Organik dan Lemak Kasar. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis keragaman dan diuji lanjut dengan Uji Jarak Berganda Duncan’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan Boster, Bos dan Tangguh berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap peningkatan kandungan Bahan Kering, Bahan Organik dan Lemak Kasar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bahan Kering, Bahan Organik dan Lemak kasar , Silase, Probiotik, Jerami Jagung.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Apr 2019 03:59
Last Modified: 11 Apr 2019 03:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13432

Actions (login required)

View Item View Item