PENGARUH KONSENTRASI SERBUK CANGKANG KEONG EMAS PADA PROSES PACK CARBURIZING TERHADAP KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO PADA BAJA AISI 1018

Atmam, Prayuda (2010) PENGARUH KONSENTRASI SERBUK CANGKANG KEONG EMAS PADA PROSES PACK CARBURIZING TERHADAP KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO PADA BAJA AISI 1018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Cover.doc
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
abstrak.doc
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.doc
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
TUGAS AKHIR.doc
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
lampiran.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Barium karbonat sering digunakan sebagai energizer pada proses kotak karburisasi padat, namun penggunaan barium karbonat memiliki beberapa keterbatasan selain harganya yang mahal, barium karbonat juga tidak ramah lingkungan dan merupakan zat kimia yang berbahaya, sebagai energizer pada proses kotak karburisasi dapat digunakan kalsium karbonat yang terdapat pada cangkang keong emas yang mudah di temukan disekitar kita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan serbuk cangkang keong emas pada proses kotak karburisasi terhadap sifat fisis (uji komposisi dan foto struktur mikro) dan mekanis (uji kekerasan) baja karbon rendah setelah mengalami perlakuan. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah baja karbon rendah yang berbentuk selinder. Proses pembuatan spesimen dilakukan dengan pemotongan menjadi beberapa bagian, pemotongan dilakukan untuk memudahkan di dalam meletakan spesimen di dalam kotak karburisasi,kemudian serbuk arang kayu dan serbuk cangkang ditimbang sesuai dengan komposisi yang diinginkan dengan pencampuran serbuk cangkang 5, 10 dan 15 (% berat).Setelah dibuat benda uji, dilakukan perlakuan panas pada temperatur 9500C dengan penahanan waktu selama 2, 4 dan 6 (jam). Kemudian dilakukan Uji kekerasan Vickers, pengujian foto struktur mikro dan uji komposisi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penambahan serbuk cangkang keong emas 5, 10 dan 15 (% berat) pada baja karbon rendah setelah mengalami perlakuan diperoleh nilai kekerasan tertinggi rata-rata pada penambahan 15% serbuk cangkang di peroleh sebesar 262,26 kg/mm2 dan kekerasan material awal diperoleh sebesar 144,08 kg/mm2. Dari hasil pengamatan struktur mikro dan uji komposisi diketahui bahwa terjadi pengerasan permukaan karena difusi karbon kedalam baja karbon randah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cangkang keong emas, Energizer, Karburisasi padat, Baja karbon rendah
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 11 Apr 2019 07:12
Last Modified: 11 Apr 2019 07:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13480

Actions (login required)

View Item View Item