Sujana, I Made BAHASA INGGRIS UNTUK SEKOLAH DASAR:Mau Ke Mana?*). Jurnal Dinamika Pendidikan, 2 (1). pp. 31-38. ISSN 1829-5134
Text
EFC-maukemana.doc Restricted to Repository staff only Download (116kB) | Request a copy |
Abstract
Abstrak. Belajar bahasa Inggris pada usia anak-anak memiliki keunggulan baik secara biologis maupun secara psikologis. Berangkat dari keunggulan tersebut, pemerintah Indonesia melalui Kurikulum Pendidikan Dasar 1994 menetapkan bahasa Inggris sebagai muatan lokal yang mulai diajarkan di kelas 4 sekolah dasar. Dalam hampir 10 tahun pelaksanaannya, pengajaran bahasa Inggris masih banyak menyisakan permasalahan yang memerlukan penanganan yang lebih serius. Tulisan ini membahas tentang keunggulan tentang pengajaran bahasa Inggris pada usia anak-anak dan berbagai kendala yang dihadapi dalam pengajaran bahasa Inggris di sekolah dasar. Abstract. Learning English in early ages has advantages from both biological and psychological point of view. Based on those advantages, Indonesian government through 1994’s Primary School Curriculum has introduced English as “local content”, starting from grade four at primary school. In ten years of its application, English in primary school still has a number of problems that need solutions. This article discusses the advantages of teaching English at early ages and possible problems in its application at primary schools.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata-kata kunci: masa kritis, faktor usia, belajar bahasa, usia anak-anak, MULOK bahasa Inggris |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | I Made Sujana |
Date Deposited: | 22 Apr 2019 08:07 |
Last Modified: | 22 Apr 2019 08:07 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13522 |
Actions (login required)
View Item |