PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI HIDROKARBON SISWA KELAS XI IPA MAN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NAURI, SHOFIATUN (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI HIDROKARBON SISWA KELAS XI IPA MAN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi opi (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap hasil belajar kimia materi hidrokarbon siswa kelas XI IPA MAN Lombok Barat. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPA MAN Lombok Barat yang terdiri dari dua kelas, dengan jumlah total siswa 53 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dan pada kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji statistik diperoleh thitung = 2,89 > ttabel = 1,684 yang berarti Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) memberikan pengaruh yang lebih baik pada hasil belajar kimia materi hidrokarbon siswa kelas XI IPA MAN Lombok Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Apr 2019 01:15
Last Modified: 24 Apr 2019 01:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13625

Actions (login required)

View Item View Item