NAURI, SHOFIATUN (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI HIDROKARBON SISWA KELAS XI IPA MAN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
skripsi opi (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap hasil belajar kimia materi hidrokarbon siswa kelas XI IPA MAN Lombok Barat. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPA MAN Lombok Barat yang terdiri dari dua kelas, dengan jumlah total siswa 53 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dan pada kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji statistik diperoleh thitung = 2,89 > ttabel = 1,684 yang berarti Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) memberikan pengaruh yang lebih baik pada hasil belajar kimia materi hidrokarbon siswa kelas XI IPA MAN Lombok Barat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dan hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 24 Apr 2019 01:15 |
Last Modified: | 24 Apr 2019 01:15 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13625 |
Actions (login required)
View Item |