ANALISA KINERJA SIMPANG BERSINYAL AKIBAT PARKIR DI KAKI SIMPANG MENGGUNAKAN METODE MKJI’97 DAN SOFTWARE SIDRA INTERSECTION 5.0

NARIASTA, I PUTU (2011) ANALISA KINERJA SIMPANG BERSINYAL AKIBAT PARKIR DI KAKI SIMPANG MENGGUNAKAN METODE MKJI’97 DAN SOFTWARE SIDRA INTERSECTION 5.0. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAMPIRAN IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Cover-abstract.doc
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
Bab I-V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan badan jalan pada daerah kaki simpang bersinyal sebagai area parkir (on street parking) karna kurang tersedianya area parkir yang memadai pada suatu kawasan, berdampak kepada penurunan kinerja simpang bersinyal. Dalam kerangka tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari aktivitas parkir pada area kaki simpang bersinyal pada kinerja simpang bersinyal yang bersangkutan. Penelitian dilakukan pada simpang bersinyal Jl. Pejanggik – Jl. Selaparang, Cakranegara. Pengumpulan data terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer meliputi data geometrik, data arus lalu-lintas, tipe lingkungan jalan dan data waktu sinyal, sedangkan data sekunder diperoleh dari data jumlah penduduk Kota Cakranegara tahun 2010. Penelitian dilakukan dengan membandingkan perhitungan menggunakan metode MKJI 1997 dengan Sidra Intersection 5.0. pada kondisi adanya aktivitas parkir dan kondisi tidak adanya aktivitas parkir. Analisa kinerja meliputi parameter volume, kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian, kendaraan terhenti dan tundaan dengan menggunakan metode MKJI 1997 dan Sidra Intersection 5.0. Analisa menggunakan MKJI 1997 maupun dengan Sidra Intersection 5.0 menunjukan terjadinya penurunan kinerja simpang bersinyal pada saat adanya aktivitas parkir di daerah kaki simpang, dengan nilai derajat kejenuhan berdasarkan metode MKJI 1997 sebesar 0,752 pada saat adanya aktivitas parkir dan 0,595 saat tidak adanya aktivitas parkir. Sedangkan dari hasil perhitungan Sidra Intersection 5.0. menghasikan nilai derajat kejenuhan sebesar 1,00 pada kondisi parkir dan 0,537 pada saat tidak adanya aktivitas parkir.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Parkir, Simpang bersinyal, MKJI 1997, Sidra Intersection 5.0.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Imran SE
Date Deposited: 29 Apr 2019 01:58
Last Modified: 29 Apr 2019 01:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13696

Actions (login required)

View Item View Item