IDENTIFIKASI KREATIVITAS GURU TK DALAM PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN DI TK NEGERI 2 LOMBOK TENGAH KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019

GUSMAYANTI, ELSY (2019) IDENTIFIKASI KREATIVITAS GURU TK DALAM PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN DI TK NEGERI 2 LOMBOK TENGAH KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kreativitas guru dalam pengelolaan (pengadaan dan penggunaan) media pembelajaran dan APE menjadi faktor penting penentu kualitas pembelajaran. Permasalahan yang diajukan adalah bagaimanakah kreativitas guru dalam pengelolaan media pembelajaran dan APE di TK Negeri 2 Lombok Tengah tahun pelajaran 2018/2019. Tujuannya adalah unutk mengetahui kreativitas guru dalam mengelola media pembelajaran dan APE di TK Negeri 2 Lombok Tengah. Jenis penelitian menggunakan metode survey dimana alat ukur utama pengumpulan datanya berupa angket. Pengumpulan data degan skor, selanjutnya melalui penentuan elas interval yang sesuai dengan pemberian skor skala empat ketuk dijadikan dasar dalam mengklasifikasi tingkat kreativitas guru menggunakan analisis persentase. Kemudian pada tahap berikutnya penelii mengkombinasikan data kuantitatif dengan kualitatif (observasi,wawancara,dan dokumentasi) secara berurutan. Metode kuantitatif berperan untuk memperoleh data kuantitatif yang terukur yang dapat bersifat deskriptif, komparatif, dan asosiatif. Dan metode kualitatif berperan untk membuktikan, memperdalam,memperluas,memperkuat, dan menggugurkan data kuantitatif yang diperoleh pada tahap awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah guru TK Negeri 2 Lombok Tengah yang masih tergolong kreativitas rendah dalam pengadaan media pembelajaran sebanyak 25,00 persen dan 37,50 persen pada dimensi pengunaannya sedangkan jumlah guru yang masih tergolong kreativitas rendah dalam pengadaan dan penggunaan APE sebanyak 25,00 persen. Sementara itu bentuk kreativitas dalam pengelolaan media pembelajaran dan APE berupa kemampuan guru menggunakan bahan-bahan terbuang serta meningkatkan nilai dari bahan tersebut. Guru mampu membuat papan kerja untuk hubungan aktivitas, termasuk pengenalan waktu dalam pelaksanaannya serta aktivitas dalam kehidupan spritualitas. Guru dapat mengadakan dan menggunakan tutup botol secara kreatif sebagai APE. Guru TK Negeri 2 Lombok Tengah dalam pengadaan dan penggunaan media pembelajaran serta APE telah mampu berkoordinasi satu dengan lainnya. Selanjutnya Upaya penting yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kreativitas guru dalam mengelola media pembelajaran dan APE adalah dimensi yang menggerakkan motivasi guru GTT. Kreativitas sebagai salah satu unsur profesionalitas guru, seyogyanya diberikan imbalan yang memadai, bukan sebatas uang transport.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kreatifitas, Pengelolaan, media Pembelajaran dan APE
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 20 May 2019 05:50
Last Modified: 20 May 2019 05:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13841

Actions (login required)

View Item View Item