STRATEGI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS LEBA MADU TRIGONA DI DUSUN LENDANG GAGAK DESA SUKADANA KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA

MUKRIANDI, MUKRIANDI (2019) STRATEGI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS LEBA MADU TRIGONA DI DUSUN LENDANG GAGAK DESA SUKADANA KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUKRIANDI (C1G012120).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui biaya dan pendapatan agribisnis lebah madu di Dusun Lendang Gagak Desa Suka Dana Kecamatan Bayan KLU; (2) Untuk merumuskan alternatif strategi pengembangan agribisnis lebah madu di Dusun Lendang Gagak Desa Suka Dana Kecamatan Bayan KLU. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik survai. Penelitian ini dilakukan di Dusun Lendang Gagak Desa Sukadana Kecamatan Bayan KLU karena.wilayah tersebut merupakan sentra agribisnis lebah madu trigona. Unit analisis penelitian adalah Agribisnis lebah madu trigona “Sadar Mandiri” di Dusun Lendang Gagak Desa Sukadana Kecamatan Bayan KLU. Jumlah responden ditentukan secara” sensus”sebanyak 13 unit usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Biaya produksi agribisnis lebah madu trigona di Dusun Lendang Gagak Desa Sukadana Kecamatan Bayan adalah Rp 698.263,-/proses produksi dengan penerimaan Rp 2.369.230,-/proses produksi dan pendapatan sebesar Rp 1.670.967,-/proses produksi; (2) Strategi pengembangan agribisni lebah madu trigona di Dusun Lendang Gagak Desa Sukadana Kecamatan Bayan terdiri dari strategi utama dan strategi alternatif. Strategi utamanya, yaitu: meningkatkan mutu produk untuk mempertahankan harga. Strategi alternatif, adalah: mempromosikan kualitas dan manfaat pada produk, memperluas jangkauan promosi, mempertahankan ciri khas produk, meningkatkan kerja sama dengan pemerintah terkait pengadaan sumber pakan dan air, melakukan penyuluhan tentang budidaya lebah madu trigona, menaikkan harga dan menambah produk olahan, menggunakan teknologi baru untuk meningkatkan hasil produksi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada: (1) petani agar mempertahankan kelestarian habitat lebah madu trigona dengan cara mengadakan penanaman tanaman bunga yang banyak mengandung sari dan nekstar, seperti: bunga matahari, bunga mawar dan semak belukar dan yang lainnya yang merupakan sumber pakan bagi lebah sehingga pakan bagi lebah tersedia selama budidaya; (2) petani supaya menjaga kebersihan baik di dalam dan di luar lingkungan sarang lebah (koloni) sehingga lebah trigona dapat berkembang biak dengan baik dan dapat memproduksi madu secara kontinyu sepanjang tahun dengan hasil berkualitas tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Lebah Trigona, Strategi Pengembangan, SWOT.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 20 May 2019 05:50
Last Modified: 20 May 2019 05:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13845

Actions (login required)

View Item View Item