Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 6 Korleko Tahun Pelajaran 2018/2019

Noviandi, Ahmad Rizki (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 6 Korleko Tahun Pelajaran 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi (AHMAD RIZKI NOVIANDI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 6 Korleko Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang terbagi dalam dua kelas. Pengambilan dilakukan dengan teknik Nonprobablity sampling yaitu jenis sampeling jenuh Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Sedangkan berdasarkan hasil uji Normalitas dan Homogenitas data menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah sebesar 52,39 dan kelas eksperimen sebesar 50,06, sedangkan nilai rat-rata posttest kelas kontrol sebesar 63,35 dan kelas eksperimen sebesar 73,16. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan Uji-T Polled varians. Dari hasil Uji hipotesis diperoleh Thitung > Ttabel, yaitu 3,03 > 1,67 pada taraf signifikansi 5%, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPA diukur menggunakan uji N-Gain dengan hasil sebesar 0,462 yang masuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis dan uji N-Gain dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 6 Korleko Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Contextual Teaching and Learning, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 20 May 2019 05:49
Last Modified: 20 May 2019 05:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13854

Actions (login required)

View Item View Item