PSIKOLOGI TOKOH SRI NINGSIH DALAM NOVEL TENTANG KAMU KARYA TERE LIYE DENGAN PERSPEKTIF PSIKOLOGI INDIVIDUAL DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

LESTARI, SEPTIANA EKA (2019) PSIKOLOGI TOKOH SRI NINGSIH DALAM NOVEL TENTANG KAMU KARYA TERE LIYE DENGAN PERSPEKTIF PSIKOLOGI INDIVIDUAL DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SEPTIANA EKA LESTARI (E1C015061).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Psikologi Tokoh Sri Ningsih dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye dengan Perspektif Psikologi Individual dan Kaitannya dengan Pembelajaran Sastra di SMA” ini memiliki dua rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimanakah psikologi tokoh Sri Ningsih dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye dengan perspektif psikologi individual? (2) Bagaimanakah kaitan hasil analisis psikologi tokoh Sri Ningsih dengan pembelajaran sastra di SMA? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan psikologi tokoh Sri Ningsih dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye dengan perspektif psikologi individual, serta menemukan kaitan hasil analisis psikologi tokoh Sri Ningsih dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah studi kepustakaan dan teknik catat. Metode analisis data adalah metode deskriptif analisis. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa kutipan atau dialog-dialog yang terdapat dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye. Hasil analisis novel Tentang Kamu karya Tere Liye dapat diketahui bahwa (1) tokoh Sri Ningsih adalah seorang yang baik hati, pekerja keras, kreatif, cerdas, tidak mudah putus asa, memiliki solidaritas tinggi, mandiri, penyabar, penyayang, dan bertanggung jawab, (2) kaitan hasil analisis psikologi tokoh Sri Ningsih dengan pembelajaran sastra di SMA yaitu dapat dijadikan bahan ajar untuk mencapai tujuan pembelajaran sastra di SMA. Analisis kepribadian tokoh dalam novel dimunculkan oleh pengarang dalam penokohan yang termasuk salah satu dari unsur-unsur intrinsik novel. Hal ini sejalan dengan pembelajaran sastra yang diajarkan yaitu pada kompetensi dasar 3.9.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Psikologi Individual, Tokoh utama, Pembelajaran Sastra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 29 May 2019 07:20
Last Modified: 29 May 2019 07:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13886

Actions (login required)

View Item View Item