PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERPADUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SMAN 6 MATARAM

NURIERA, ANDI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERPADUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SMAN 6 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran problem solving berpaduan mind mappingterhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Sosiologi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan bentuknonequivalen control grup design. Sampel penelitian kelas eksperimen pada kelas XI IPS 2 dan kelas kontrol pada kelas XI IPS 1 melalui teknik random sampling setelah dilakukan penyepadanan kelas.Data berpikir kritis Sosiologi diambil menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 21 butir soal yang sudah memenuhi persyaratan instrumen penelitian.Keseluruhan data dianalisis secara kuantitatif melalui uji-t dan N-Gainyang sudah memenuhi persyaratan analisis. Hasil uji t menunjukkan bahwa ������� 3,33 > nilai ������ 2,021 pada taraf signifikan 5% dan hasil uji N-Gain kelas eksperimen adalah 50,6 dengan kategori “sedang”, sedangkan uji N-Gain kelas kontrol adalah 37,4 dengan kategori “sedang” yang menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving berpaduan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Sosiologi di SMAN 6 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problem Solving, Mind Mapping, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Jun 2019 05:00
Last Modified: 18 Jun 2019 05:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13929

Actions (login required)

View Item View Item