E-COMMERCE DALAM LIFESTYLE MAHASISWA (Studi Kasus Tentang Tren Jual Beli Online pada Mahasiswa Universitas Mataram)

Putri, Ni Komang Neni Yuniartha (2019) E-COMMERCE DALAM LIFESTYLE MAHASISWA (Studi Kasus Tentang Tren Jual Beli Online pada Mahasiswa Universitas Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NI KOMANG NENI YP..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dengan Judul “E-commerce dalam Lifestyle Mahasiswa (Studi Kasus Tren Jual Beli Online pada Mahasiswa Universitas Mataram) ini mengambil dua lokasi yaitu di Kota Mataram dan di Universitas Mataram. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap proses jual beli online, (2) mengetahui faktor-faktor yang menjadi alasan bagi mahasiswa untuk memilih berbelanja online daripada konvensional. Penelitian ini menggunakan analisis paradigma Definisi Sosial dengan teori AGIL menurut Talcott Parsons yang mampu menjelaskan bahwa bagaimana awalnya mahasiswa mengenal tren jual beli online, memiliki sebuah pencapaian yang ingin didapatkan, sudah adanya aturan yang mengatur dan bagaimana mahasiswa itu memiliki sebuah kepuasan terhadap tren belanja online ini. Metode penelitian campuran (Mix Method) yang dimana pada bagian kualitatifnya adalah eksploratif. Lokasi penelitian berada di dua lokasi yaitu Kota Mataram dan Universitas Mataram. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa perempuan sebagai informan pembeli dan masyarakat di Kota Mataram yang menjadi informan penjual. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi untuk mendapatkan informan mengenai tanggapan mahasiswa terhadap proses jual beli online dan faktor yang menjadi alasan bagi mahasiswa untuk memilih berbelanja online daripada konvensional serta foto kegiatan sebagai pendukung hasil data di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tanggapan mahasiswa terhadap proses jual beli adalah gampang/mudah, lebih murah dan diantarkan, (2) Faktor yang menjadi alasan mahasiswa memilih berbel2anja online daripada konvensional terdapat dua faktor yaitu faktor psikologi (faktor penq`wdorong) yang terdiri atas pengetahuan, pengalaman, motivasi, pencapaian, lifestyle (gaya hidup), kemudahan, perilaku konsumtif dan hypermedia sedangkan faktor sosial (faktor penarik) terdiri atas takut ketinggalan zaman dan faktor promosi. Oleh karena itu, metode belanja online ini dipilih oleh mahasiswa sebagai alternatif belanja pada saat ini karena kemudahan yang ditawarkan oleh belanja online ini, kemudian belanja online tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan mahasiswa saja namun berbelanja online dapat menaikkan status sosialnya dan gengsi pada mahasiswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tren, Jual, Beli, Online, Lifestyle, Mahasiswa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Jun 2019 06:02
Last Modified: 27 Jun 2019 06:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/13989

Actions (login required)

View Item View Item